Bincang Jurusan Series 2023: Region Bekasi

Bincang Jurusan atau dikenal dengan BINJUR adalah sebuah acara kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) Bina Nusantara University. Acara ini diselenggarakan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan Accounting, Accounting Technology, Accounting & Information Systems, International Accounting & Finance, Finance, dan Taxation Bina Nusantara University. Tujuan utama dari acara BINJUR yakni demi memperkuat hubungan antara mahasiswa, dosen dan pihak administrasi jurusan Akuntansi.

Pada tanggal 15 Desember 2023, HIMA menyelenggarakan BINJUR SERIES 1 dengan tema Accounting Transformation: ”Be Creative and Be Ready for Changes”. Acara diselenggarakan secara daring dengan bantuan platform Zoom Meetings. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk menginspirasi mahasiswa agar berpikir kreatif dan terbuka terhadap perubahan dalam bidang akuntansi. Melalui tema ini, HIMA berharap mahasiswa dapat memahami pentingnya adaptasi terkait perubahan teknologi dan tren industri dalam profesi akuntansi, serta siap menghadapi tantangan dan peluang yang muncul di masa depan.

Acara diawali dengan kata sambutan dari ketua acara bincang jurusan HIMA 2023 oleh Nicholas Immanuel Hartanto, ketua umum HIMA 2023 oleh Agustina Eka Putri Hasan, Head of Accounting Study Program (Alam Sutera & Kemanggisan) and Student Organization Advisory HIMA oleh Dr. Kevin Deniswara, S.E, M.A., CERA., Cert.DA, serta Dean of School of Accounting and Head of Accounting Department Binus University oleh Ang Swat Lin Lindawati, S.E, M.Com (Hons)., Ph. D., CSRS., CSRA., CMA., Cert.DA.

Dalam acara ini, terdapat kehadiran dosen yaitu Prof. Toto Rusmanto, M.Comm, Ph.d., CAPM., CMA sebagai pembicara untuk BINJUR kali ini. Beliau menyampaikan informasi terkait strategi adaptasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam menghadapi transformasi akuntansi. Dengan penekanan pada penggunaan teknologi yang semakin penting dalam praktik akuntansi modern, Prof. Toto Rusmanto mengilustrasikan bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan baru dan memanfaatkan peluang dari perubahan di dunia akuntansi saat ini. Melalui opini dan pengalamannya, beliau mendorong mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri secara optimal untuk menghadapi dinamika industri akuntansi yang terus berkembang.

Setelah penyampain mengenai materi yang dibawakan oleh pembicara, acara ini juga mengenalkan organisasi HIMA kepada peserta. Pengenalan HIMA dipimpin oleh Ketua HIMA 2023, yaitu Agustina Eka Putri Hasan, yang menjelaskan mengenai apa itu HIMA, visi dan misi HIMA, divisi divisi di HIMA, dan program kerja HIMA. Sepanjang acara ini, acara berjalan lancar dan kondusif. Mahasiswa juga turut memperhatikan materi dan aktif dalam sesi tanya jawab kepada Prof. Toto Rusmanto. 

Kesimpulan dari BINJUR SERIES 2 kali ini yaitu mahasiswa harus bisa mengadopsi teknologi atau mulai beradaptasi dalam menghadapi transformasi dalam dunia akuntansi, karena peran teknologi tentunya sangat berpengaruh dalam praktik akuntansi modern. Selain itu, Prof. Toto Rusmanto juga berpesan untuk mahasiswa agar bisa  mengambil peluang terkait dengan perubahan saat ini terkait praktik akuntansi.

Dokumentasi bersama: Bincang Jurusan Bekasi