Benchmarking HIMA 2023

Pada hari Minggu tanggal 10 September 2023, HIMA BINUS bersama dengan HIMA S1AK UPNVJ, melaksanakan kegiatan Benchmarking (Studi Banding HIMA BINUS x HIMA S1AK UPNVJ) di kampus BINUS Alam Sutera, dengan tema “Ciptakan Relasi di Era Digitalisasi”. 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Bastian selaku perwakilan MC dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta  dan Davina sebagai perwakilan MC dari BINUS University. Kemudian, Muhammad Rheihan Nugroho, sebagai Ketua Pelaksana Studi Banding HIMA S1AK UPN “Veteran” Jakarta memberikan kata sambutan, diikuti oleh Ryazka Inra Mufri selaku Ketua Pelaksana Studi Banding HIMA BINUS, Simson Hendry Tulak, sebagai Ketua Pelaksana Studi Banding HIMA S1AK UPNVJ, serta Agustina Eka Putri Hasan selaku Ketua Umum HIMA BINUS. Selanjutnya, kedua HIMA menyampaikan materi mengenai Struktur Organisasi, Program Kerja, serta Visi-Misi yang menjadi panduan mereka. Selama sesi ini, kedua HIMA terlibat dalam sesi tanya jawab, memungkinkan mereka saling bertukar informasi dan berdiskusi secara terbuka. 

Benchmarking: Sambutan Ketua Pelaksana Studi Banding HIMA BINUS
Benchmarking: Sambutan Ketua Umum HIMA BINUS University

Selain agenda-agenda yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menghindari kesan monoton dan menjadikan acara lebih menyenangkan, permainan Scavenger Hunt juga dilakukan. Dalam permainan ini, peserta dari kedua HIMA dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan to do list yang harus diselesaikan berupa; mencari nama lengkap KAHIM UPNVJ dan KAHIM BINUS, mencari fun fact (fakta menarik) yang ga banyak orang tahu tentang kedua universitas, berfoto dengan seluruh peserta kelompoknya menggunakan konsep atau gaya yang unik, lalu foto tersebut di upload di Instagram story dengan caption “Studi Banding HIMA AKUNTANSI UPNVJ X HIMA BINUS 2023” oleh seluruh peserta, serta membuat pantun yang menarik untuk acara ini, dan kemudian mereka diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka melalui perwakilan kelompok masing-masing.  

Benchmarking: Berfoto dengan peserta kelompok menggunakan gaya unik

Setelah suasana terasa lebih santai, akrab, dan nyaman antara kedua HIMA, forum diskusi kelompok pun diadakan. Seluruh peserta, termasuk HIMA S1AK UPNVJ dan HIMA BINUS, dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan departemen/bidang mereka masing-masing. Dalam forum ini, diskusi dilakukan mengenai topik-topik terkait permasalahan dalam departemen/bidang mereka, yang kemudian dipresentasikan oleh perwakilan dari setiap kelompok. 

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian plakat oleh Ketua Umum dan Ketua Pelaksana Studi Banding dari kedua HIMA. Selain itu, juga dilakukan sesi dokumentasi serta sesi TikTok Bersama. Kami berharap bahwa studi banding ini akan membuka pintu untuk kerjasama yang lebih erat antara HIMA BINUS dan HIMA S1AK UPNVJ. Melalui pertukaran pengalaman dan pengetahuan antarorganisasi, kami berharap dapat memperkuat kualitas program dan inisiatif kami masing-masing. Selain itu, kami berharap hubungan yang terjalin selama studi banding ini akan terus berlanjut dalam bentuk kolaborasi yang lebih luas, memungkinkan kami untuk mencapai pencapaian yang lebih besar bersama-sama. 

Benchmarking: Dokumentasi bersama HIMA BINUS dan HIMA S1AK UPNVJ