LDK-P HIMA 2021

HIMA telah melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus (LDK-P) untuk para Aktivis yang dilakukan selama dua hari. LDK-P 2021 ini bertemakan “Leadership and Influence” yang diharapkan para Aktivis dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinannya dan dapat menjadi pengaruh yang baik kepada seluruh anggota. LDK-P 2021 ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan soft skill dan memberikan pemahaman mengenai apa saja struktur serta kepengurusan yang ada didalam HIMA yang ditujukan kepada para Aktivis yang mengikuti LDK-P 2021. LDK-P 2021 dilakukan secara online dikarenakan situasi pandemi yang juga belum usai, namun hal ini tidak menjadi halangan untuk acara ini terlaksana.

LDK-P dibagi menjadi 2 hari;

Pada hari pertama berlangsung pada tanggal 9 Juli 2021. Acara dimulai oleh MC, dan disambung dengan pengisian pre-test oleh para Aktivis. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua acara LDK-P, Ketua umum HIMA 2021, Pihak Jurusan, dan Pihak SCAC. Setelah penyampaian kata sambutan, acara berlanjut pada sesi pemberian materi dengan tema Hard Skill, Soft Skill, dan Leadership oleh bapak Kevin Deniswara, materi ini secara keseluruhan membahas mengenai apa peran penting dari hard skill, soft skill, dan leadership, Bagaimana poin – poin itu bisa saling berkesinambungan antara satu sama lain, dan cara menerapkan ketiga hal penting ini dengan baik dikehidupan sehari – hari dan dalam berorganisasi. Selanjutnya, acara disambung dengan penyampaian materi oleh Stiven Lambertus selaku ketua umum HIMA 2021 mengenai Strategic Planning, dimana penjelasan diawali dengan membahas sedikit mengenai HIMA dan dilanjutkan dengan materi inti yaitu strategic planning. Secara keseluruhan hal – hal yang dibahas adalah bagaimana cara organisasi dan kita secara pribadi membuat perencanaan saat ingin menjalankan suatu event besar maupun kecil. Penjelasan juga diberikan mengenai apa saja cara terbaik dan efektif saat menjalankan suatu event agar dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh DPI HIMA 2021 yaitu Minnesally Augiffa D. F. sebagai Sekretaris Umum 1 HIMA 2021 dan Janetta Astari L. sebagai Sekretaris Umum 2 HIMA 2021 dengan tema Administration and Operation. Materi yang diberikan mengenai penjelasan tentang definisi, fungsi, serta manfaat dari administrasi dan operasional. Setelah pemberian materi di hari pertama, para Aktivis diminta untuk mengisi post test yang berisikan materi yang sudah disampaikan oleh para pembicara di hari pertama.

Pada hari kedua acara diawali dengan pemberian materi oleh kak Aditia Sudarto, SPsi, MHRM. selaku Capital Strategic Development General Manager Binus University dengan tema The Extraordinary Leadership. Setelah pemberian materi oleh kak Aditia, dilanjutkan pengisian pre test hari kedua oleh para Aktivist HIMA 2021. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Regenerasi yang dibawakan oleh Caroline selaku Ketua Regional HIMA Alam Sutera dan Bimo Satrio selaku Ketua Regional HIMA Bekasi, disini disampaikan mengenai, mengapa dalam sebuah organisasi diperlukan regenerasi kepengurusan dan apa saja flow yang terjadi di dalam regenerasi. Selanjutnya acara berlanjut pada pemberian materi oleh Valencia Wijaya selaku Bendahara Umum HIMA 2021 mengenai keuangan dalam organisasi, pembahasan yang diberikan mengenai komponen keuangan organisasi, apa saja tugas bendahara dan lain – lain. Acara dilanjutkan pada pemberian materi mengenai Branding dan Relasi dengan pihak eksternal yang dibawakan oleh Ketua Regional HIMA Kemanggisan, Nadya Fatimah Morgan. Setelah pemberian materi di hari kedua, acara dilanjutkan dengan Ice Breaking dimana para Aktivis bermain games kahoot yang berisi tentang seluruh materi yang telah disampaikan selama acara LDK-P berlangsung. Setelah bermain games, acara dilanjutkan dengan Sesi studi kasus, dimana para Aktivis dibagi menjadi 10 kelompok dan diminta untuk menyelesaikan masalah atau kasus yang nantinya hasil dari diskusi setiap kelompok akan dipresentasikan. Setelah selesai, acara ditutup dengan pengisian post-test hari kedua oleh para Aktivis.