Bincang Jurusan Series 2023: Region Kemanggisan

Pada penyelenggaraan Bincang Jurusan kali ini, kami mendapat kesempatan untuk dapat berkolaborasi dalam menyelenggarakan Bincang Jurusan gabungan dengan 2 area kampus yaitu Kemanggisan dan Senayan. Dengan adanya Bincang Jurusan gabungan, diharapkan bahwa acara ini dapat benar-benar menyalurkan aspirasi bagi mereka yang membutuhkan jawaban, dan dapat benar-benar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa yang menyelenggarakan studi Akuntansi dan Keuangan mereka di BINUS University. Bincang Jurusan kali ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 pada pukul 13.00-15.00 WIB melalui media Zoom Cloud Meetings sebagai media penunjang terselenggaranya Bincang Jurusan kali ini. Pada Bincang Jurusan 2023, kami mengangkat tema Accounting Pioneer: Be Successful Together, from the Accounting Master” dengan Bincang Jurusan menjadi sesi yang pertama, dan dilanjutkan oleh sesi Bincang Himpunan.

Bincang Jurusan 2023 didukung oleh para narasumber dari pihak BINUS University sendiri, yakni Bapak Dr. Moch. Doddy Ariefianto, S.E., M.S.E selaku Head of Finance Program, Ibu Levana Dhia Prawati, S.E., M.Si., Ak. selaku Head of Taxation Program dan Bapak Tommy Adrian, S.E, M.Ak., Cert. DA., MOS, Cert.SF.

Pada pukul 13.06 WIB acara Bincang Jurusan 2023 dibuka oleh Akhyar Ramadhinara dan Diana Mahayani Wijaya selaku MC pada acara Bincang Jurusan 2023. Acara dimulai dengan doa yang diikuti oleh pengisian entry ticket dan pembacaan peraturan selama acara berlangsung. Pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Matthew Reinhart Boenardi selaku ketua acara Bincang Jurusan 2023, kemudian kata sambutan dari Danesa Reynard Setiawan selaku Campus President HIMA Binus area Kemanggisan 2023 dan ditutup oleh kata sambutan dari Bapak Dr. Moch. Doddy Ariefianto, S.E., M.S.E selaku Head of Finance Program.

Isi acara dimulai dengan Bincang Jurusan yang dibawakan oleh Bapak Tommy Adrian, S.E, M.Ak., Cert. DA., MOS, Cert.SF. Pada sesi Bincang Jurusan, Bapak Tommy membahas topik Challenges & Opportunities in The Accounting Profession. Bapak Tommy menyatakan bahwa saat ini kita sedang di Fase Industry 4.0, dimana kita sudah memakai cyber-physical systems, internet of things, networking, dan machine learning. Menurut Bapak Tommy, walaupun semua sudah terdigitalisasi, akuntan masih sangat dibutuhkan di masa depan karena untuk menjadi akuntan, kita harus bersikap strategis dan konsultatif. Di masa depan akuntan akan berbasis cloud, akuntansi juga akan mendapat pengaruh dari penggunaan big data. Untuk dapat bertahan di masa depan, calon akuntan harus berinvestasi pada pengembangan digital skill serta memahami perkembangan industri dan teknologi.

Pada Bincang Jurusan, Bapak Tommy juga membahas bagaimana BINUS University mempersiapkan calon akuntan kelak menjadi seorang akuntan yang baik. Bapak Tommy menjelaskan adanya pemilihan pelajaran minor, free elective atau cross streaming bagi binusian di semester 5. Pada semester 6 dan 8, binusian diharuskan untuk melakukan enrichment program dimana mereka dapat memilih untuk melakukan internship, research entrepreneurship, study abroad atau community development. BINUS University juga menawarkan fast track, pengambilan sertifikasi, nuni program, open course transfer dan micro credential. Accounting BINUS sudah terakreditasi oleh Association of Chartered Institute of Management Accountants, Institute Chartered Accountants in England and Wales dan Certified Practicing Accountant Australia. Bincang Jurusan ditutup dengan sesi tanya jawab yang dibacakan oleh moderator Aufa Syahdurani dan dijawab oleh Bapak Tommy.

Pembahasan Bincang Jurusan oleh Bapak Tommy Adrian

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Bincang Himpunan yang dibawakan oleh perwakilan DPI HIMA yakni Danesa Reynard Setiawan selaku Campus President HIMA BINUS Kemanggisan, Nadia Fairuz Shafa selaku Campus President HIMA BINUS Bekasi, Noosa Umpu Hidayat selaku Campus President HIMA BINUS Alam Sutera, Shaila Varelie Tritama selaku Secretary HIMA BINUS, Jesslyn Vania selaku Secretary HIMA BINUS Alam Sutera, Karlito Pang Campus President HIMA BINUS Senayan, Reynard Sijaya selaku Secretary HIMA BINUS Senayan dan Stefani Yuan Maharani selaku Secretary HIMA BINUS Bekasi. Pada Bincang Himpunan ini, para perwakilan DPI HIMA memberi pengenalan HIMA, sejarah HIMA, visi dan misi HIMA, Struktur HIMA, divisi HIMA serta jobdesk masing-masing divisi dan proker serta kegiatan HIMA 2023. Bincang Himpunan ditutup dengan sesi tanya jawab yang dibacakan oleh moderator Aufa Syahdurani dan dijawab oleh perwakilan DPI HIMA.

Sesi Bincang Himpunan oleh DPI HIMA 2023

Kemudian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang e-wallet untuk penanya terbaik, sesi dokumentasi dan pengisian exit ticket.

Sesi Dokumentasi Bincang Jurusan Region Kemanggisan

Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia, peserta, serta pihak jurusan yang telah berpartisipasi dalam acara Bincang Jurusan 2023 sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan.