Benchmarking HIMA 2022

Pada tanggal 5 November 2022, HIMA BINUS mengadakan Benchmarking secara daring  bersama SPA FEB UI. Benchmarking merupakan kegiatan bersama antara HIMA BINUS dengan organisasi setara di luar BINUS University yang membandingkan kinerja, serta aktivitas lintas organisasi untuk mendapatkan ide dan solusi untuk kemajuan organisasi. Dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung kemajuan masing-masing organisasi dengan saling bertukar pikiran dan pengalaman, serta wawasan dalam berorganisasi.

Tahun ini, HIMA mengangkat tema Way “We Are Youth”. Tema ini terinspirasi dari kata Way, yang dalam bahasa Indonesia berarti arah atau jalan. Singkatan dari kata tersebut, “We Are Youth” berarti kita adalah generasi. Generasi yang dimaksudkan adalah generasi pemuda bangsa yang menjadi mahasiswa serta memiliki arah untuk mencapai  suatu hasil maksimal dari proses yang telah dijalankan. Untuk melengkapi tema ini, konsep yang dipilih adalah  Kompas. Kompas, adalah suatu jalan yang tentunya memiliki arah dan harus ditempuh, begitu pula kita selaku para mahasiswa dari sebuah himpunan yang memiliki tekad untuk membuat organisasi memberikan hasil maksimal dengan arah yang sesuai.

Diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh Maysya Hartanti dan Octri Ahmad Khalid selaku MC, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan yang dibawakan oleh Fadilah Rifki selaku Ketua Benchmarking HIMA BINUS 2022, diikuti dengan Ketua Umum HIMA BINUS, Kania Rizki Noviarni, dan Chief Executive SPA FEB UI, Michael Hezekia. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi dari kedua organisasi, dimana HIMA dan SPA FEB UI menyampaikan Struktur Organisasi, Program Kerja, serta Visi-Misi dari organisasi masing-masing. Terdapat juga sesi tanya jawab, sharing session di mana peserta dibagi di beberapa breakout rooms, dan juga ice breaking session sebagai penutup acara. 

Tujuan utama melakukan Benchmarking adalah:

  1. Mendapatkan pengetahuan baru melalui perbedaan sistem organisasi yang diterapkan.
  2. Memahami dan menilai setiap sistem dalam organisasi dalam menentukan pendekatan atau solusi yang paling efektif untuk meningkatkan manajemen organisasi dikemudian hari. 
  3. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam menjalani kegiatan perkuliahan maupun berorganisasi, yang pada saat ini sudah dilakukan secara hybrid serta solusi yang diterapkan. 
  4. Membentuk kerjasama dan mempererat tali silaturahmi antar himpunan. 
  5. Memberikan informasi dan menjadikan organisasi yang berkembang untuk lebih baik lagi dalam kepengurusan selanjutnya.

Dengan adanya kegiatan Benchmarking ini, kami berharap dapat mendukung kemajuan bagi masing-masing himpunan, serta mempererat tali silaturahmi antar kedua himpunan. Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam acara “Benchmarking” tahun ini, terutama kepada SPA FEB UI yang telah menjadi partner HIMA BINUS dan meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini. Semoga acara Benchmarking ini bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.