Friday Fact: Mengenal Pentingnya NPWP bagi Warga Negara Indonesia

Apa Sih NPWP itu?
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah serangkaian nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai identitas dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. NPWP sendiri terdiri dari 15 digit (9 digit pertama adalah kode wajib pajak, sedangkan 6 digit berikutnya merupakan kode administrasi perpajakan). Dengan adanya kode ini, menjamin data perpajakan seseorang agar tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.

Seberapa Penting Memiliki NPWP?
Dalam dunia pajak, NPWP dapat membantu proses restitusi atau kelebihan pembayaran pajak. Selain itu, NPWP berfungsi juga sebagai pengurang beban pembayaran pajak secara legal. Dengan demikian, NPWP membuat wajib pajak penghasilan menjadi ringan.

Siapa Saja yang wajib memiliki NPWP?

  1. Perorangan Pribadi, dapat memilih dan mendaftarkan diri agar memperoleh NPWP Pribadi.
  2. Wanita Yang Sudah Menikah, yaitu Wanita yang berkehidupan terpisah berdasarkan putusan hakim
  3. Badan atau Perusahaan yang Berorientasi pada Profit berkewajiban dalam hal pembayaran, pemotongan, pemungutan pajak.
  4. Badan atau Perusahaan yang tidak Berorientasi pada Profit berkewajiban dalam hal pemotongan dan pemungutan pajak.
  5. Bendahara yang ditunjuk dalam hal pemotongan dan pemungutan pajak.

Apa yang Membedakan NPWP Pribadi dan NPWP Badan?
Secara fisik (wujud kartu), tidak ada perbedaan antara NPWP Pribadi dan NPWP Badan. Perbedaan yang ada hanya data-data tambahan yang tersimpan dalam database kantor pajak, contoh:

  • Nama wajib pajak
  • Alamat
  • Jenis usaha
  • Pemilik perusahaan
  • Nomor akta
  • Jenis usaha dan cabangnya
  • Harta yang dimiliki dan informasi lainnya yang terdapat di dalam perusahaan

Apa Manfaat dari Mempunyai NPWP?

  1. Persyaratan Administrasi
    Memiliki NPWP mempermudah mengurus persyaratan administrasi. Beberapa instansi perbankan saat ini mengharuskan memasukkan nomor NPWP sebagai dokumen pendukung. Contohnya kredit bank, rekening dana nasabah (RDN) , rekening efek, rekening bank, dsb.
  2. Mempermudah Urusan Perpajakan
    Manfaat lain dari NPWP adalah berkaitan langsung dengan kemudahan pengurusan segala bentuk administrasi perpajakan. Contoh dokumen administrasi yang memerlukan NPWP adalah pengurusan restitusi pajak, pengajuan pengurangan pembayaran pajak, mengetahui jumlah pajak yang mesti dibayar, dsb.

Referensi:
Anisha. (2020). Apa Saja Manfaat NPWP? Hipajak. https://www.hipajak.id/artikel-pengertian-jenis-dan-manfaat-npwp
Sadino, Bob (2020). Perbedaan NPWP Pribadi dan NPWP Badan. voffice.co.id https://voffice.co.id/jakarta-virtual-office/business-tips/apa-itu-npwp/amp/
Muslimah, Septina (2022). Apa itu NPWP? Begini Cara Dapatkan Kartu & Contohnya. Klikpajak. https://klikpajak.id/blog/apa-itu-npwp/
Shahid, Nur Jamal (2021). Apa itu NPWP: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Fungsinya. https://money.kompas.com/read/2021/12/01/205653726/apa-itu-npwp-pengertian-manfaat-jenis-dan-fungsinya?page=all#page2