Jalur Karir pada Lulusan Jurusan Akuntansi

Saat orang lain mendengar kata-kata “Akuntansi”, hal pertama yang mungkin muncul di kepala mereka adalah pekerjaan yang terancam akan hilang digantikan robot di masa depan ataupun pekerjaan membosankan dimana sang akuntan harus mendekap di kursi kantor selama seharian penuh sambil menatap layar komputer. Hal tersebut sudah menjadi stereotip yang basi dan kenyataannya, pekerjaan akuntansi adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Jurusan Akuntansi dan karir akuntansi tidak akan pernah punah, karena pada kenyataannya seluruh bisnis maupun bentuk usaha lainnya tetap memerlukan tenaga keuangan. Meskipun sudah banyak aplikasi yang menggantikan pencatatan transaksi keuangan, namun suatu perusahaan tetap memerlukan tenaga ahli dalam mengecek laporan keuangannya.

Untuk memberikan sedikit insight tentang apa pekerjaan yang dapat ditempuh oleh seorang lulusan jurusan akuntansi, berikut adalah beberapa contoh dari pekerjaannya dan untuk memberikan sedikit motivasi kepada para lulusan, ada juga kisaran gaji yang dapat didapatkan dari masing-masing pekerjaan tersebut:

  1. Akuntan Publik
    Tugas utama seorang akuntan publik adalah menganalisa dan menyiapkan laporan keuangan suatu perusahaan. Untuk menjadi seorang akuntan publik, harus menguasai perpajakan dengan baik dan terus mengikuti pembaharuan dari peraturan perpajakan. Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Profesi akuntan publik ini juga sangat menjanjikan dari segi gaji, seseorang dengan pengalaman yang sedikit akan digaji sekitar Rp.62.000.000 perbulannya. Sedangkan bagi orang yang sudah memiliki banyak pengamalan dan juga sertifikat bisa mencapai gaji Rp.77.000.000 perbulannya/
  2. Auditor Internal
    Simpelnya, seorang auditor internal bisa juga disebut sebagai dokter perusahaan. Seorang auditor internal memiliki pekerjaan dimana mereka melakukan analisis terhadap prosedur internal control dalam sebuah perusahaan. Hasil dari analisis tersebut nantinya akan digunakan untuk memberikan evaluasi terhadap internal sebuah perusahaan. Auditor internal juga bisa menemukan kesalahan-kesalahan, aksi penipuan atau fraud, atau hal-hal lain yang bisa merugikan proses kerja sebuah perusahaan. Di Indonesia, seorang auditor bisa mendapatkan gaji dengan jarak Rp 5.500.000 sampai Rp 18.200.000 per bulannya.
  3. Manajer Akuntansi
    Seorang manajer akuntansi bertugas untuk mengambil keputusan keuangan berdasarkan data-data keuangan dan dia juga bertugas untuk mengatur serta merencanakan anggaran untuk dibuat oleh bawahannya yaitu para akuntan. Menjadi seorang manajer akuntansi harus memiliki banyak skill, diantaranya skill komunikasi yang kuat, skill mengelola dan memimpin, serta skill dalam menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan. Untuk menjadi seorang manajer akuntansi tidkalah mudah, memerlukan proses yang panjang, salah satunya anda harus memiliki gelar CMA (Certified Management Accountant). Namun meskipun memerlukan proses yang tidak mudah, gaji yang ditawarkan pun juga sebanding. Gaji seorang manajer akuntansi adalah berkisar Rp.80.000.000 – Rp.100.000.000 perbulannya.
  4. Akuntan atau Auditor Pemerintahan
    Walaupun mirip dari akuntan perusahaan, seorang akuntan pemerintahan memiliki tugas spesifik dimana mereka melakukan asesmen dan audit terhadap institusi pemerintahan. Standar yang digunakan untuk melakukan audit tersebut tentunya juga beda. Di Indonesia, seorang akuntan pemerintahan bisa mendapatkan gaji dengan jarak Rp 6.050.000 sampai Rp 18.200.000 per bulannya.
  5. Analis Keuangan
    Investasi merupakan salah satu cara dimana sebuah perusahaan atau individu bisa mendapatkan uang tambahan. Namun, investasi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ada resiko yang terdapat sehingga dibutuhkan pengetahuan yang mendalam. Dari situ, muncullah profesi analis keuangan (Financial Analyst) yang dapat direkrut oleh perusahaan atau seorang individu. Gaji yang bisa didapatkan oleh seorang analis keuangan di Indonesia memiliki jarak sekitar Rp 8.400.000 sampai Rp 23.500.000 per bulannya.

Dari beberapa contoh diatas, bisa disimpulkan bahwa akuntan adalah salah satu profesi yang paling diminati dan dicari-cari oleh sebuah perusahaan sehingga lapangan pekerjaan yang tersedia juga banyak. Jadi selama masih ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam akuntansi, gunakanlah kesempatan tersebut semaksimal mungkin agar nantinya di masa depan, anda bisa menjadi seorang akuntan yang kompeten dan handal.

 

 

Referensi:
Program Studi Akuntansi USM – Indonesia. (2018). Prospek Kerja Jurusan Akuntansi. Diambil dari http://akuntansi.sari-mutiara.ac.id/berita/detail/prospek-kerja-jurusan-akuntansi-
Monroe College. Your Future Career in Accounting. Diambil dari https://www.monroecollege.edu/academics/undergraduate-programs/school-business-and-accounting/jobs-with-degree-in accounting
Struyk, Tara. (2019). A Look at Accounting Careers. Diambil dari https://www.investopedia.com/articles/financialcareers/08/accounting.asp
Salary Explorer: http://www.salaryexplorer.com/