Friday Fact: Teknik Bela Diri Paling Menarik Goes to….. PENCAK SILAT!!!

Di dunia ini, ada banyak sekali teknik bela diri. Tapi, ada loh bela diri yang mengandung unsur kesenian! Yap betul sekali, PENCAK SILAT! Pencak silat yaitu seni bela diri yang berasal dari Nusantara untuk mempertahankan diri dengan menangkis dan menyerang menggunakan atau tanpa senjata.

Bagaimana sih sejarah berdirinya pencak silat di Indonesia?
Sejarah awal pencak silat dimulai pada abad ke-7 pada zaman kerajaan. Pencak silat kemudian mulai digunakan sebagai sarana bela diri untuk mengusir penjajah pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Masyarakat pada zaman penjajahan Belanda mempelajari pencak silat secara sembunyi-sembunyi dan menyamarkan seni bela diri tersebut. Pada zaman penjajahan Jepang, masyarakat secara terbuka mempelajari seni ini untuk membantu Jepang bertahan melawan sekutu. Seiring berjalannya waktu, pencak silat mulai berkembang pusat hingga terbentuklah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tahun 1948 yang terkenal hingga pada saat ini.

Apa ya tujuan dan manfaat dari pencak silat?
Pencak silat yang menggabungkan olahraga bela diri dan kebudayaan (digambarkan melalui gerak dan irama) dapat membantu masyarakat untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam berolahraga. Pencak silat juga dapat menyadarkan dan menggerakkan masyarakat akan pentingnya olahraga bela diri sebagai kebutuhan hidup.

Manfaatnya adalah

  • Melatih kesabaran dan kedisiplinan
  • Melatih mental dan konsentrasi
  • Melatih kewaspadaan dan kepekaan
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh

Apa saja sih peraturan yang berlaku pada pencak silat?

  • Penggolongan umur
    1. Anak-anak : 10 tahun s/d 12 tahun
    2. Pra remaja : di atas 12 tahun s/d 14 tahun
    3. Remaja : di atas 14 tahun s/d 17
    4. Dewasa : di atas 17 tahun s/d 35 tahun
  • Sistem waktu
    1. Jumlah babak dalam satu pertandingan adalah 3 babak
    2. Durasi pertandingan tiap babak adalah 2 menit
    3. Istirahat tiap babak 1 menit

Berikut adalah teknik-teknik dalam pencak silat

  • Sikap Kuda-Kuda
    Sikap awal ketika melakukan pencak silat dengan cara posisi kaki sebagai dasar tumpuan untuk bertahan dan menyerang.
  • Sikap Pasang
    Sikap kesiagaan ketika melakukan pembelaan atau serangan berpola. Dilakukan pada awal dan akhir rangkaian gerak.
  • Sikap Tangkisan
    Sikap menangkis dilakukan untuk menahan atau menghindari serangan lawan. Beberapa sikap menangkis yaitu tangkisan atas, belah tengah, dan luar.
  • Hindaran dalam Pencak Silat
    Sikap menghindar dilakukan untuk menghindari serangan lawan.
  • Pukulan dalam Pencak Silat
    Melakukan pukulan dengan tangan kosong. Terdapat banyak sekali teknik  pukulan dalam bela diri pencak silat guna menyerang bagian tubuh tertentu untuk memperoleh angka.
  • Tendangan dalam Pencak Silat
    Di dalam pencak silat, tendangan diperbolehkan untuk menyerang bagian tubuh tertentu lawan. Tujuannya sama, untuk mendapatkan angka.
  • Variasi Pencak Silat
    Menggabungkan teknik-teknik pencak silat.

Referensi:

Muhtar, T. (2020). Pencak silat. UPI Sumedang Press.

Yuda, Alfi. (2021). Pengertian Pencak Silat, Unsur-unsur, Tujuan, Fungsi, Teknik, dan Manfaat yang Didapat. Diambil dari https://www.bola.com/ragam/read/4519010/pengertian-pencak-silat-unsur-unsur-tujuan-fungsi-teknik-dan-manfaat-yang-didapat

Krisnawari, Ega. (2022). Peraturan Pertandingan Pencak Silat dan Sistem Penentuan Pemenang. Diambil dari https://tirto.id/peraturan-pertandingan-pencak-silat-dan-sistem-penentuan-pemenang-grjK

Unit Kegiatan Mahasiswa Merpati Putih Bina Nusantara. (2019). Ketentuan Pertandingan & Penggolongan Umur dalam Pencak Silat. Diambil dari https://student-activity.binus.ac.id/mp/2019/06/30/ketentuan-pertandingan-penggolongan-umur-dalam-pencak-silat/

Abdhul, Yusuf. (2021). Pengertian Dan Sejarah Pencak Silat. Diambil dari https://penerbitbukudeepublish.com/materi/pencak-silat/