Tips n Tricks Investasi untuk Pemula

Investasi merupakan kegiatan penanaman uang atau modal yang bisa dilakukan secara individu dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Investasi juga merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan nilai uang kita karena tanpa kita sadari, nilai uang yang kita miliki semakin lama akan tergerus karena adanya inflasi.

Di era yang serba canggih ini, investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara di berbagai platform, sehingga tidak sedikit anak muda yang ikut berkontribusi dalam investasi. Investasi memang memberikan kita keuntungan, tetapi juga risiko. Banyak sekali pemula, khususnya anak muda yang tidak memikirkan risiko dari investasi, yang nantinya dapat menjadi kerugian bagi mereka. Sebab itu, untuk berinvestasi kita memerlukan suatu strategi agar investasi kita membawa keuntungan.  Investasi merupakan pilihan yang dapat kita manfaatkan dengan bijak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa belajar dan menggali informasi terlebih dahulu sebelum memulai investasi.

Sebagai seorang pemula, kita perlu untuk mengetahui berbagai instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan jangka waktu yang kita inginkan. Berbagai instrumen yang tersedia di pasar tersebut tentunya memiliki resiko, keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Banyak investasi yang ada saat ini, seperti saham, logam mulia, properti, reksadana, obligasi, dan masih banyak lagi. Untuk pemula, sangatlah disarankan untuk mulai dengan modal sedikit demi sedikit dan memiliki instrumen dengan resiko yang paling kecil. Pilih investasi yang sudah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir.

Idealnya sebagai pemula anda bisa mengalokasikan 10% hingga 30% dari pendapatan bulanan untuk investasi. Namun pastinya anda harus menentukan untuk tidak menggunakan pendapatan yang nanti nya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau wajib bulanan lainnya. Mulailah dengan persentase dana yang masuk akal yang dialokasikan untuk investor pemula, dan kemudian pertahankan konsistensi.  Jadikan investasi sebagai hal yang menyenangkan dengan mengembangkan kebiasaan menabung.  Anda dapat meningkatkan mengalokasi investasi anda seiring dengan meningkatnya pendapatan, pengetahuan, dan kepercayaan berinvestasi Anda.

Banyak organisasi keuangan yang muncul di Indonesia akibat dari meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi. Namun, bagaimana cara memilih mitra investasi terbaik?  Semua lembaga keuangan yang beroperasi di pasar modal wajib terdaftar dan berada di bawah kendali pemerintah yaitu OJK.  Pastikan bisnis yang anda pilih telah disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdaftar di OJK, dan berada di bawah pengawasannya.  Di situs resmi OJK, anda dapat menemukan daftar terbaru perusahaan yang menawarkan sekuritas legal. Dengan melalui situs tersebut anda dapat memilih organisasi keuangan mana yang menjamin untuk melakukan investasi.

 

Referensi:
MOST. (2015). 10 Tips Investasi Pasar Modal untuk Investor Pemula. Diambil dari https://www.most.co.id/tips-investasi/10-tips-investasi-bagi-pemula
CIMB Niaga. Cara Berinvestasi Yang Baik dan Benar Agar Tidak Rugi. Diambil dari https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-berinvestasi-yang-baik-dan-benar-agar-tidak-rugi