Friday Fact: Apa Saja Sertifikasi Seorang Akuntan?

Certified Public Accountant (CPA)
Certified Public Accountant atau disingkat CPA merupakan sertifikasi tertinggi yang diberikan kepada akuntan publik di Indonesia. Sertifikasi ini ditujukan kepada orang-orang yang berprofesi sebagai akuntan publik. Bagi akuntan yang telah menyandang predikat CPA, dapat membuka kantor layanan akuntan publik.
Akuntan dengan gelar CPA memiliki berbagai pilihan karier yang tersedia, baik di akuntansi publik maupun di perusahaan. Akuntan dengan sertifikasi CPA umumnya dikenal perannya dalam persiapan pajak penghasilan.

Chartered Financial Analyst (CFA)
Chartered Financial Analyst atau disingkat CFA merupakan sertifikasi yang diperlukan bagi seseorang yang ingin bekerja sebagai analisis finansial. Untuk mendapatkan sertifikat ini, diharuskan untuk melewati tiga level ujian dan memiliki pengalaman kerja secara profesional di bidang keuangan minimal empat tahun, serta memiliki sertifikat TOEFL.

Certified Internal Auditor (CIA)
Certified Internal Auditor atau disingkat CIA merupakan satu-satunya sertifikasi di bidang audit internal yang diakui secara internasional. Sertifikasi CIA ini merupakan pengakuan atas kompetensi dan profesionalitas dari para auditor internal yang memilikinya.
CIA biasanya bekerja di departemen audit lembaga pemerintah, lembaga keuangan, dan perusahaan. Mereka meninjau catatan keuangan untuk mencari kekurangan dalam pengendalian internal.

Certified Management Accountant (CMA)
Certified Management Accountant atau disingkat CMA merupakan sertifikat yang diperuntukkan bagi seseorang yang berprofesi sebagai akuntan manajemen yang bekerja di sebuah perusahaan. CMA dapat bekerja di berbagai industri, termasuk keuangan perusahaan, firma akuntansi, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dan dapat memiliki peran, seperti analis keuangan dan manajer akuntansi.

 

 

Referensi:
Mahar Prastiwi. (2022, March 28). 8 Macam Sertifikasi Akuntansi, Mahasiswa Perlu Tahu Halaman all – Kompas.com. KOMPAS.com; Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/28/165028871/8-macam-sertifikasi-akuntansi-mahasiswa-perlu-tahu?page=all
Niko Ramadhani. (2021, March 30). Apa itu CFA dan Bagaimana Mendapatkan Gelar CFA? Akseleran Blog; Akseleran. https://www.akseleran.co.id/blog/cfa-adalah/
Alifia Seftin Oktriwina. (2021, May 15). Mengenal Gelar Certified Public Accountant (CPA) dan Cara Mendapatkannya. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/gelar-cpa-akuntan-publik/#.Yv3gPpMzaAw