Friday Fact: Mengenal Opini Audit Laporan Keuangan dan Jenis-jenisnya

Opini Audit merupakan suatu laporan yang diberikan oleh auditor terdaftar yang menyatakan bahwa pemeriksaan telah dilakukan sesuai dengan norma atau aturan pemeriksaan akuntan disertai dengan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang diperiksa.

Opini audit dibagi oleh beberapa jenis, yang terdiri dari:

  1. Unqualified Opinion (Opini Wajar Tanpa Pengecualian)
    Opini ini dapat dibuat apabila auditor tidak dapat menemukan kesalahan yang material pada laporan keuangan, opini ini dapat terjadi karena:

    1. Laporan keuangan lengkap
    2. Bukti audit yang diperlukan lengkap
    3. Laporan Keuangan disajikan sesuai prinsip akuntansi yang ada
  2. Qualified Opinion (Opini Wajar Dengan Pengecualian)
    Opini ini dapat dibuat apabila kondisi laporan keuangan telah dikatakan wajar. Namun, adanya pengecualian dikarenakan oleh:

    1. Kurangnya bukti yang memadai
    2. Keterbatasan ruang lingkup dalam audit
    3. Menyimpangnya dan ketidaktepatan penerapan prinsip akuntansi pada laporan keuangan
  3. Modified Unqualified Opinion (Opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan)
    Opini bisa dibuat berdasarkan keadaan tertentu yang tidak secara langsung memiliki dampak terhadap pendapat wajar. sehingga diperlukan paragraf penjelas. Opini ini dapat terjadi dengan kriteria:

    1. pendapat auditor ditarik dari pendapat auditor lainnya yang independen
    2. memiliki aturan yang tidak jelas dan ada kemungkinan bisa menyimpang dari SAK (Standar Akuntansi Keuangan)
  4. Adverse Opinion (Opini Tidak Wajar)
    Opini yang dibuat karena laporan keuangan yang dipercayai oleh auditor tidak wajar berdasarkan kedudukan keuangan, hasil usaha, perubahan modal, serta arus kasnya.
  5. Disclaimer of Opinion (Opini Tidak Menyatakan Pendapat)
    Opini ini dikenakan oleh auditor yang tidak dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menyampaikan kesimpulan dalam laporan keuangannya. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya keterbatasan area yang diaudit dan kemungkinan dari permasalahan hubungan auditor dengan kliennya.

 

 

Referensi:
“5 Jenis Opini Audit Laporan Keuangan, Apa Saja?”. (28 Juni 2022). Diambil pada 25 September 2022, dari website : https://www.jurnal.id/id/blog/jenis-opini-audit-laporan-keuangan/Ardiansyah, G. 2022. “Pengertian Opini Audit”. Diambil pada 25 September 2022, dari website : Pengertian Opini Audit Serta Jenis-Jenis dan Tahap Opini Audit (guruakuntansi.co.id)