Organisasi Kemahasiswaan? Apakah Penting untuk Bekerja Nanti?

Pertama, mari kita ketahui dulu apa Organisasi Kemahasiswaan itu. Organisasi Kemahasiswaan atau yang biasa disingkat sebagai OK adalah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi mahasiswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Walau kegiatan-kegiatan yang ada di sebuah OK bersifat ekstrakurikuler bukan berarti mahasiswa hanya menambah beban pekerjaannya saja. Aktif mengikuti kegiatan dalam sebuah OK yang pasti akan memberikan manfaat dan efek yang bersifat jangka panjang, terutama ke mahasiswa saat akan bekerja di masa yang akan datang. 

Di artikel kali ini, kami akan menjabarkan beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang mengikuti OK beserta dengan hubungannya dengan menghadapi dunia kerja nanti. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungannya:

  1. Memperluas koneksi dan relasi mahasiswa
    Bergabung ke dalam sebuah organisasi berarti bergabung dalam sebuah jaringan. Oleh karena itu, mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi sering kali memiliki relasi yang banyak dari berbagai kalangan. Memiliki koneksi dan relasi sangat tepat untuk dibangun sedini mungkin, terutama bagi mahasiswa. Relasi ini yang pasti akan menguntungkan di dunia kerja nanti. Harapannya adalah, dengan banyaknya koneksi dan relasi yang anda miliki maka semakin mudah orang dalam mengetahui skill yang anda miliki. Hal ini berpengaruh saat mencari pekerjaan, kemungkinan relasi yang didapat akan menyarankan anda untuk menjadi rekan ataupun bekerja dalam perusahaan tempat dia bekerja karena telah mengetahui kemampuan yang anda miliki.
  2. Belajar mengatur waktu
    Salah satu kunci dari kesuksesan adalah disiplin. Dengan terbiasa tepat waktu, maka kehidupan juga akan lebih teratur. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk belajar mengatur waktunya. Di organisasi, anda bisa lebih menghargai dan mengatur waktu dengan baik. Hal ini akan berimbas baik untuk kita ke depannya karena akan terbiasa mengatur jadwal-jadwal kegiatan. Tujuannya agar semua kegiatan bisa dilaksanakan secara terstruktur dan tidak ada kegiatan atau waktu yang terbuang sia-sia. Selain itu, waktu yang biasanya digunakan oleh mahasiswa untuk bermain bisa dialokasikan menjadi aktivitas yang bisa membuahkan hasil positif kepada mahasiswa tersebut untuk masa depan nanti.
  3. Melatih dan meningkatkan bakat-bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa
    Mengikuti suatu OK justru sangat baik bagi mahasiswa karena mahasiswa bisa mendapatkan softskill yang belum pernah dimiliki dan mengembangkannya bersamaan dengan hardskill yang sudah didapatkan di perkuliahan. Salah satu bakat dan kemampuan penting yang dapat dikembangkan adalah kemampuan berkomunikasi. Sebagai makhluk sosial, manusia harus bisa berkomunikasi baik dengan sesama manusia. Untuk dunia kerja nanti, komunikasi yang baik dapat menentukan seberapa baik sebuah karir dapat terbentuk. Kemampuan lain yang penting dan dapat berguna sekali di dunia kerja nanti adalah kemampuan problem solving. Saat bekerja nanti, kita pasti akan dihadapi dengan masalah-masalah yang perlu dipecahkan. Oleh sebab itu, mahasiswa dapat melatih kemampuan memecahkan masalah dari sejak ia berorganisasi di perkuliahan. Kemampuan problem solving ini dapat dikembangkan dengan mengikuti beragam program kerja dimana kita bisa bersama-sama dengan mahasiswa lain memecahkan masalah yang dihadapkan.
  4. Sarana latihan dunia kerja
    Dalam dunia kerja terdapat banyak kegiatan yang serupa dengan kegiatan-kegiatan berorganisasi. Seperti cara memecahkan masalah, cara mengatur sikap, cara bekerjasama dalam tim, cara mengatur sebuah tim, cara mengatur kegiatan yang lebih dari satu, dll. Seluruh hal ini akan kita lakukan dalam dunia kerja nanti. Maka dari itu beruntunglah anda yang telah mengikuti organisasi di masa menuntut ilmu, karena anda mendapatkan pengalaman lebih dulu sebelum anda bekerja. Sehingga saat anda bekerja nanti, anda tidak kaget dengan hal-hal diatas. Hal-hal diatas sangatlah susah dilakukan jika anda tak memiliki pengalaman sama sekali. Maka dari itu, mengikuti organisasi juga dapat dikatakan melakukan investasi jangka panjang demi karir anda di masa depan.

Kesimpulan akhir dan jawaban dari pertanyaan “Apakah penting mengikuti organisasi?” adalah tentu saja penting. Aktif mengikuti sebuah organisasi berarti seorang mahasiswa bisa merasakan keempat poin yang telah dijelaskan diatas. Dengan mengikuti keempat poin diatas, mahasiswa pasti akan tumbuh menjadi seseorang yang bisa bekerja dengan baik dan memiliki karir yang dapat membanggakan orang tua.

 

 

Referensi:

Ningsih Leli. (2022). Hubungan Organisasi Kampus dengan Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Kerja. Diambil dari https://genta.fkip.unja.ac.id/2020/05/11/hubungan-organisasi-kampus-dengan-mahasiswa-dalam-menghadapi-dunia-kerja/

Writer Jurnalis Nuansa. (2022). Pentingkah Mengikuti Organisasi di Kampus bagi Mahasiswa? Diambil dari https://nuansa.nusaputra.ac.id/2021/12/15/pentingkah-mengikuti-organisasi-di-kampus-bagi-mahasiswa/#:~:text=Organisasi%20mampu%20mengembangkan%20diri%20kamu,kedisiplinan%2C%20keberanian%20dan%20mengembangkan%20kemampuan