Friday Fact: Hockey

Olahraga Hockey merupakan suatu olahraga yang dilakukan oleh 2 tim baik oleh pria maupun wanita dimana tugasnya ialah untuk memukul bola ke gawang lawan dengan menggunakan  alat pemukul / tongkat(stick) hockey.Hockey sendiri terdiri dari beberapa jenis,yaitu : Hoki lapangan(field hockey), Hoki ruangan(indoor hockey),Hoki es(Ice Hockey). Pada tahun 1800, sebuah kalender mencatat bahwa namanya pun sudah diberi nama hockey.Menurut orang Inggris,kata hockey ini mungkin berasal dari kata “Hook” yang artinya bagian bengkok stik.Sedangkan orang prancis menganggap bahwa hockey berasal dari kata “hoquet” yang artinya tongkat gembala.Kemudian,Olahraga Hockey ini mulai menyebar keseluruh daratan Eropa.Indonesia mulai memainkan hockey pada tahun 1920-1925(sebelum perang dunia 2).Sampai sekarang,Olahraga ini sudah semakin populer dan tidak asing lagi bagi seluruh dunia 

Teknik Dasar Permainan Hockey

Permainan hockey adalah permainan yang membutuhkan kerja sama yang baik dan juga kemampuan berpikir cepat. Dalam bermain permainan hockey pemain harus bisa menguasai teknik dasar permainan diantaranya adalah:

  • Menggiring Bola (Dribbling)

Keterampilan menggiring bola merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain. Menggiring adalah menguasai bola dengan cara bergerak atau berpindah tempat. 

  • Menghentikan Bola (Stopping) 

Menghentikan bola adalah gerakan menghentikan bola setelah menerima operan dari kawan maupun menghentikan bola ketika memotong gerak bola yang dipukul lawan.

  • Mengumpan Bola (Passing) 

Cara mengumpan bola dibagi menjadi beberapa macam, yaitu dengan cara mendorong bola, memukul bola, mencungkil bola, dan mengangkat bola.

  • Merebut Bola (Tackling) 

Merebut bola adalah teknik yang penting untuk dikuasai oleh seorang pemain hockey. Teknik ini bertujuan untuk merebut bola dari penguasaan lawan.

Manfaat Bermain Hockey

Hockey adalah olahraga yang sangat bagus. Dengan bermain hockey kita bisa menjaga kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah manfaat dari permainan hockey:

  1. Menyehatkan Jantung
  2. Menguatkan Otot Lengan dan Kaki
  3. Melatih Kemampuan Kerja Sama
  4. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab
  5. Memperbaiki Suasana Hati