International Accounting Competition (IAC) 2021

International Accounting Competition (IAC) merupakan event yang diselenggarakan oleh Program Study Akuntansi dan Keuangan BINUS , Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) BINUS University yang bekerjasama dengan Tunku Abdul Rahman University College dan BINUS TV sebagai media partner. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memeriahkan  Program Study Akuntansi Binus yang ke 25 tahun, selain itu untuk mempererat kerjasama yang baik antara BINUS University dengan Universitas lain khususnya Tunku Abdul Rahman University College. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 135 partisipan atau 24 Tim, Kami harap dengan adanya acara ini dapat mendorong mahasiswa akuntansi untuk berpikir kreatif, analitis, dan juga dapat memecahkan masalah dengan baik. Acara ini dihadiri oleh cukup banyak tamu undangan, baik dari pihak BINUS maupun TARUC. Tamu undangan tersebut diantaranya yaitu :

BINUS UNIVERSITY 

  1. Mr. Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M Rector of Bina Nusantara University
  2. Mr. Johan, S.Kom., M.M. Vice Rector Student Affairs & Community Development
  3. Mrs. Diah Wihardini, B.Sc.(Hons)., M.Ed., Ph.D. BINUS Global Director
  4. Mr. Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D. Dean of Faculty of Economics & Communication
  5. Mrs Ang Swat Lin Lindawati, S.E., M.Com (Hons)., Ph.D., CSRS., CSRA., CMA. Head of Accounting Study Program
  6. Mrs. Dr. R.A Aryanti Wardaya Puspokusumo, B.Sc, M.B.M Head of Internationalization and Partnership Program
  7. Mr. Dr. Toto Rusmanto Ph. D. M.Comm. CMA., Head of Accounting Program BINUS Bekasi
  8. Mrs. Yen Sun, S.E., M.Buss. Head of Finance Program
  9. Mr.  Kevin Deniswara, S.E., M.Ak., CERA Deputy Head of Accounting Study Program
  10. Mr. Michael Angelus, S.E., M.Ak. Deputy Head of Accounting Study Program Alam Sutera
  11. Mrs. Theresia Lesmana, S.E., M.Ak. Deputy Head of Finance Program

TARUC 

  1. Professor Ir. Dr. Lee Sze Wei, President of Tunku Abdul Rahman University College (TAR UC) 
  2. Associate Professor Say Sok Kwan, Vice President Administration and Internationalisation.
  3. Associate Professor Wong Hwa Kiong,  Dean Faculty of Accountancy, Finance & Business (FAFB).
  4. Dr. Chin Mui Yin, Deputy Dean, FAFB
  5. Mr. Koh Kim Siang, Deputy Dean, FAFB.
  6. Mr. Wee Chu Kok, Deputy Dean, FAFB
  7. Mr. Winston Lai Tak Kong, Associate Dean Department of Accountancy, FAFB.
  8. Ms. Iris Chin Hooi Khoon, Associate Dean Department of Professional Accountancy, FAFB.
  9. Mr. Chai Ming Perng,  Associate Dean Department of Finance, FAFB.
  10. Mr. Johan Lim Kii Geat, Associate Dean Department of Management, FAFB.
  11. Ms. Justina a/p Joseph, Associate Dean Department of Economics & Corporate Administration, FAFB.
  12. Mr. Tan Ping Foo, Associate Dean Department of Marketing, FAFB.

Pelaksanaan kegiatan acara IAC dibagi menjadi 3 hari;

Hari Pertama berlangsung pada tanggal 25 Juni 2021, MC Acara hari pertama ialah Prawyra Massora dan Livia Aurelia Wijaya. Saat pembukaan, MC memberikan informasi kepada partisipan mengenai TikTok Challenge yang berhadiah Rp. 300.000 kepada 3 peserta yang beruntung. Pada hari pertama terdapat beberapa sesi yang telah kami lakukan, sesi pertama merupakan Talk 1 dengan tema “Audit During Covid-19” yang telah disampaikan oleh Mrs. Amy Lu Yan Fen selaku pembicara. Sesi kedua merupakan sesi “Cash Flow Game”, Cash Flow Game ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam mengelola keuangan dan mengambil keputusan. Setelah pelaksanaan Cash Flow Game sesi Ketiga merupakan Talk 2 “Cash Flow Analysis During Covid-19” yang telah disampaikan oleh Mr. Setiadi Sutanto selaku pembicara. Sesi keempat merupakan sesi “Brain Game”, Pada sesi ini peserta dari masing-masing tim akan memasuki Ruang Cosmobuzz dengan menggunakan kode yang telah diberikan. Cosmobuzz akan digunakan para peserta untuk berdengung dan meraih kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Setelah sesi Brain Game selesai sesi selanjutnya merupakan sesi Sharing Session oleh Mr. Stevanus Alexander B.P. Sianturi yang dimana sesi ini merupakan sesi penutup untuk acara hari pertama International Accounting Competition.

Berikut adalah beberapa dokumentasi mengenai hari pertama :

Hari Kedua berlangsung pada tanggal 26 Juni 2021, MC Acara hari kedua ialah Lim Hui Yan dan Wei Kee. Pada hari kedua terdapat beberapa sesi yang telah kami laksanakan, sesi pertama merupakan Talk 3 dengan tema “Sustainability Accounting and Professional Accountants” yang telah disampaikan oleh Mrs. Dewi Fitriasari selaku pembicara. Setelah sesi Talk 3 selesai, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu Talk 4 dengan tema “Transfer Pricing” yang telah disampaikan oleh Mr. Gagan Deep Nagpal selaku pembicara. Setelah sesi Talk 4 selesai, selanjutnya merupakan Sesi ketiga yaitu “Case Study & Business Pitching”, untuk sesi Case Study peserta telah diberikan soal yang terkait dengan isu-isu bisnis global terkini di industri akuntansi. Soal kasus sudah diberikan pada tanggal 22 Juni 2021 sehingga pada hari pelaksanaan perlombaan, peserta wajib mempresentasikan mengenai hasil diskusinya dalam bentuk business pitching selama 20 menit dan menjawab segala  komentar atau pertanyaan dari para juri selama 10 menit. Setelah sesi Case Study & Business Pitching berakhir masuklah kita ke dalam sesi terakhir untuk hari kedua yaitu Sharing session oleh Mr. Kar Teik Ng selaku pembicara.

Berikut adalah beberapa dokumentasi mengenai hari kedua :

Hari Ketiga berlangsung pada tanggal 27 Juni 2021, MC acara Ketiga ialah Renee Toh dan Kaniya Rizki Noviarni. Setelah pembukaan, MC menjelaskan kegiatan IAC yang telah dilaksanakan dengan menampilkan recap video hari pertama dan hari kedua. Setelah penampilan recap video, masuklah kedalam sesi pertama acara yaitu Sharing Session oleh Participant. Setelah sesi Sharing Session oleh Participant selesai, sesi kedua merupakan persembahan Cultural Dance/Choir Video Performance. Untuk sesi ketiga merupakan Sharing session yang disampaikan oleh Alumni yaitu Wilson Pribadi and Regina Anastasia. Setelah Sharing session Alumni, sesi keempat merupakan pelaksanaan Games Kahoot!, sesi Kahoot ini dimenangkan oleh Xtraordi_Indah sebagai juara 3, Xtrao – Askhia sebagai juara kedua, dan Andini – Xtrao sebagai juara pertama.  Setelah sesi Kahoot! selesai masuklah kedalam sesi yang sangat ditunggu yaitu pengumuman The Best Three TikTok Video dan Juara 1, 2, dan 3 di dalam acara International Accounting Competition  yang telah disampaikan oleh Mrs. Diah Wihardini, Mrs. Wong Hwa Kiong, dan Mrs. Say Sok Kwan selaku presenter. Ketiga pemenang TikTok Challenge diberikan kepada @User5437290685785, @Katharina05 , dan @W-iggle, dan untuk Juara International Accounting Competition diberikan kepada Tim U2H sebagai juara ketiga, Tim Aphrodite sebagai juara kedua, dan Accountingable sebagai juara pertama.

Berikut adalah beberapa dokumentasi mengenai hari ketiga :

Berikut adalah dokumentasi pemenang TikTok Video :

Berikut adalah dokumentasi pemenang acara International Accounting Competition :

Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak terkait acara International Accounting Competition yang telah meluangkan waktunya dan telah memberikan yang terbaik demi berlangsungnya acara ini. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa di acara International Accounting Competition berikutnya.