Apa itu Perencanaan Keuangan?

Apa itu perencanaan keuangan?
Perencanaan keuangan merupakan  suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Dalam perencanaan keuangan, perlu diperhatikan dalam menyusun strategi dalam membuat perencanaan. Perencanaan keuangan tidak hanya mengacu pada pemilik usaha. Manajemen yang baik terkait keluar masuk uang juga harus dikuasai oleh para pribadi demi kepentingan sendiri. 

Sejak kapan sebaiknya dilakukan?
Perencanaan keuangan sebaiknya dilakukan sejak dini. Mengapa? Karena hal ini dapat menjadi persiapan di masa depan nantinya. Dengan mempelajari dan mempraktekan sejak dini, sudah seharusnya saat di masa depan tidak mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. 

Mengapa penting?
Perencanaan keuangan sangat penting karena, kita dapat mendapatkan beberapa keuntungan yaitu, menghasilkan uang, menghindari kecemasan, dan investasi.

Saat sudah memiliki penghasilan, tentunya kita juga memiliki pengeluaran. Pendapatan dan kebutuhan orang tentunya berbeda-beda maka dari itu, rencanakan pengelolaan keuangan sesuai dengan kebutuhan. 

Tentunya dalam hidup ada momen darurat yang datang secara tiba-tiba. Hal ini mempunyai pengaruh finansial yang sangat berpengaruh. Jika tidak direncanakan secara baik, tentunya pengelolaan keuangan orang masing-masing akan hancur dan timbulah kecemasan. Dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik dan kritis, hal-hal darurat tentunya akan teratasi.

Jika menabung saja masih dirasa belum cukup untuk melindungi harta benda maka Anda dapat menanam investasi. Namun, sebelum langkah ini dilakukan terlebih dahulu pastikan segala informasi didapatkan secara lengkap supaya tidak terjadi tumpang tindih pemahaman kedepannya. 

Sumber:
https://www.modalrakyat.id/blog/apa-itu-perencanaan-keuangan-ini-penjelasan-lengkapnya

 

Derrel Iaska