Mengenal Investasi Saham

Apa itu saham?
Saham adalah suatu dokumen yang menampilkan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan.

Jadi, saat seseorang membeli saham pada suatu perusahaan, maka sebenarnya orang tersebut sudah mempunyai hak atas suatu aset dan juga pendapatan yang diperoleh dari perusahaan tersebut sesuai dengan porsi saham yang dibelinya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi di saham, antara lain:

  • Capital gain
    Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari perkembangan nilai aset dan modal. Contoh sederhananya, katakanlah saham itu adalah sertifikat tanah dan tanah itu sendiri adalah perusahaan. Sewaktu-waktu, harga tanah tersebut ternyata meningkat dan Anda menjual tanah tersebut. Nah, selisih harga beli dan harga jual dari tanah tersebutlah yang kita sebut dengan capital gain.
  • Dividen
    Dividen adalah nilai keuntungan yang didapatkan dari hasil pembagian dividen tunai dari suatu emiten. Dividen adalah pendapatan tambahan yang bisa diraih oleh investor jika mereka membeli saham dari emiten yang memiliki performa pendapatan yang bagus.

Apa pentingnya investasi saham?
Seperti halnya menabung, investasi saham adalah tabungan jangka panjang untuk masa depanmu.

Kenaikan harga saham cenderung tinggi hingga mampu menyaingi laju inflasi setiap tahun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menabung uang di saham karena memberikan return yang relatif tinggi. Namun, perlu diperhatikan bahwa dengan return yang tinggi ada resiko yang tinggi juga (high risk high return). Sehingga tetap diperlukan analisa dan penilaian yang tepat oleh investor.

Sumber:

Pengertian Saham: Definisi, Jenis, Manfaat, dan Risiko yang Harus Ditanggung


https://www.idntimes.com/business/economy/rosselini-utami-wijaya/5-alasan-kenapa-kamu-harus-berinvestasi-saham-sejak-muda-c1c2

Fiona Rachel Lionita