Tips Investasi Saham Untuk Pemula

(Oleh: Viendya Ervina Karman / 2001552854)

moneycontrol.com

Apa itu saham? Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Sebagai pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara memilih saham yang baik dan benar. Berikut tips rahasia sukses investasi saham untuk pemula.

  1. Mengganti Mindset “Main Saham” Menjadi “Menabung Saham”

           Melakukan investasi bisnis dalam saham dapat dipengaruhi oleh mindset Anda. Memiliki mindset ‘Main Saham’ akan memicu perilaku yang tidak bijak dalam pengelolaan uang. Kata ‘Main’ membuat Anda memiliki pola pikir ‘main-main’ sehingga tidak mustahil jika Anda akan memperlakukan saham secara main-main. Gunakanlah mindset ‘Menabung Saham’ dalam memulai investasi di saham. Kata ‘Menabung’ memang digunakan untuk jangka panjang di saham dan tidak menghasilkan keuntungan secara instan, tetapi akan memberikan hasil yang baik.

  1. Pilihlah Saham yang Anda Kenal

            Terdapat 535 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bagaimana cara Anda memilih saham yang baik dengan cara yang sederhana? Mulailah dengan nama-nama yang Anda kenal dan percaya. Atau coba lihat sekeliling rumah, alat-alat apa yang sering Anda pakai? Contohnya shampoo, sabun, pasta gigi, rokok, dan lain-lain. Apakah Anda percaya bahwa produk tersebut akan ada untuk 10-20 tahun kedepan? Bisa juga dengan mencari tahu dari daftar indeks LQ45 yang telah disediakan BEI. Indeks LQ45 berisi daftar saham yang hanya terdiri dari 45 saham yang telah terpilih melalui berbagai kriteria pemilihan. Pilihlah saham yang Anda kenal dan pahami. Namun isi juga pengetahuan dengan mulai mencari dan membaca informasi-informasi tentang saham yang Anda pilih. Dengan membaca akan menambah ilmu pengetahuan yang tidak akan merugikan Anda.

  1. Diversifikasi

            Jika Anda memilih saham, jangan hanya memilih dalam satu sektor saja, tetapi lebih baik untuk membaginya. Hal ini digunakan untuk meminimalisasi resiko yang ada dalam investasi. Sebagai contoh Anda memiliki saham di sektor consumer goods, pertambangan, dan properti. Jika sewaktu-waktu pertambangan mengalami penurunan dan Anda mengalami kerugian, Anda masih memiliki saham pada sektor consumer goods dan properti yang belum tentu mengalami penurunan disaat yang sama. Kerugian yang Anda alami akan lebih besar jika Anda hanya berinvestasi di sektor pertambangan saja. Maka dari itu diperlukannya diversifikasi.

  1. Manfaatkan pelatihan saham gratis yang diadakan di Bursa Efek Indonesia dan Sekuritas

            Bursa Efek Indonesia telah menyediakan Sekolah Pasar Modal secara gratis. Anda hanya perlu membayar sekitar 100 ribu sebagai modal awal peserta untuk memulai investasi saham. Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau menghubungi kontak yang tersedia. Dengan memanfaatkan pelatihan ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang investasi saham yang benar. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Bursa Efek Indonesia. Selain Bursa Efek Indonesia, sekuritas-sekuritas rekening efek sering memberikan pelatihan gratis yang dapat diikuti berulang-ulang. Anda juga dapat mengikuti seminar-seminar tentang investasi saham, sehingga Anda dapat mendapatkan informasi terbaru tentang pasar modal Indonesia.

Sumber:

http://rula.co.id/post/rulawoman-inilah-9-jurus-jitu-investasi-saham-untuk-pemula

http://yuknabungsaham.idx.co.id/sekilas-saham-detail.php

http://yuknabungsaham.idx.co.id/daftar-saham-detail.php

 

Viendya Ervina Karman