BNFC Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A)

Setiap aktivis suatu organisasi diwajibkan mengikuti pelatihan dasar dengan tujuan memberikan bekal kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada mereka yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Oleh karena itu, Binus Finance Club (BNFC) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) yang wajib diikuti oleh seluruh aktivis BNFC selama 2 hari, yaitu pada Kamis, 1 April 2021 dan Minggu, 4 April 2021.

Pada Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) Day 1, terdapat empat materi yang dibawakan oleh pembicara internal BNFC, yaitu “The Story of BNFC” dengan Evelyn Vidya sebagai pembicara, “Organization Governance” dengan Meiranda Pardede sebagai pembicara, “Leadership” dengan Pramudya Yudiananto sebagai pembicara, dan “Etika Approach Eksternal” dengan Maria Divina sebagai pembicara. Pada hari pertama ini, BNFC juga mengadakan games kahoot dalam rangka icebreaking. LDK-A Day 1 diakhiri dengan sesi foto bersama dan Post-Test yang wajib diisi oleh setiap aktivis.

Pada hari kedua LDK-A, terdapat empat materi lagi yang dibawakan oleh pembicara internal BNFC, yaitu “Proposal” dengan Avanthika sebagai pembicara, “Anggaran” dengan Hilda Cuang sebagai pembicara, “Laporan Pertanggung Jawaban” dengan Esperanza Vera sebagai pembicara, dan “Laporan Keuangan” dengan Filia Althea sebagai pembicara. Setelah materi kedua, yaitu “Anggaran” dibawakan, BNFC mengadakan games icebreaking yaitu whisper challenge dimana setiap aktivis terlibat dalam penebakan kalimat yang diperagakan oleh satu perwakilan dari kelompok yang sudah ditentukan.

Setelah sesi icebreaking, kedua materi berikutnya dilanjutkan oleh masing-masing pembicara dan setelah pembawaan materi, MC (master of ceremonies) mengumumkan Best Group dan Best Activist selama LDK-A berlangsung, dimana Best Group diraih oleh kelompok Maria Divina dan Best Activist diraih oleh Danillo Uluan. Pada akhir Day 2, BNFC mengadakan sesi foto bersama dan memberikan tugas bagi setiap kelompok aktivis untuk merancang proposal dan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) untuk acara yang sudah ditentukan, antara lain: Pengabdian Pada Masyarakat (P2M), Seminar/Workshop, dan Welcome Party.

Dengan pembekalan yang diadakan oleh Binus Finance Club (BNFC) melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A), BNFC berharap bahwa setiap aktivis mengembangkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan yang disertai dengan kedisiplinan dan integritas. BNFC juga berharap bahwa pelaksanaan LDK-A dapat meningkatkan bonding dan teamwork antar aktivis.

Samuel Christian