Workshop SPM

Derryl Giovandy / 1901479266

            Sekolah Pasar Modal (SPM) merupakan salah satu program dari Bursa Efek Indonesia yang memberikan pembelajaran mengenai seluk-beluk pasar modal. Program ini bekerja sama dengan universitas dan perusahaan sekuritas. Dan akhirnya, Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu universitas yang ikut serta mengikuti program ini, tentu saja terbentuk dari hasil kerjasama antara Universitas Bina Nusantara, Bina Nusantara Finance Club, Bursa Efek Indonesia, dan CIMB Sekuritas Indonesia. Tujuan pembentukan SPM adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa dan mahasiswi sejak dini mengenai pasar modal dan transaksi investasi saham yang nantinya akan berguna bagi mereka, baik sekarang maupun di masa depan, karena di dalam SPM ini selain mengajarkan tentang teori-teori pasar modal, kita juga diajarkan bagaimana melakukan kegiatan transaksi yang benar terhadap produk-produk pasar modal, salah satunya adalah saham.

            Pada hari Rabu tanggal 12 April 2017, merupakan hari di mana workshop SPM diadakan di Bursa Efek Indonesia. Beberapa anggota BNFC dan mahasiswa Binus lainnya yang ingin mengikuti workshop ini berangkat bersama-sama dari kampus Binus Alam Sutera pukul 07.30 WIB menggunakan transportasi bis yang disediakan oleh Binus. Total mahasiswa yang mengikuti acara berjumlah 21 orang dan 2 orang panitia. Workshop yang diadakan hari ini adalah Sekolah Pasar Modal level 1 dan 2, yang berlangsung selama 8 jam mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Dalam workshop ini, kita mempelajari hal-hal dasar pasar modal dan bagaimana cara kita melakukan trading saham beserta cara analisisnya, baik secara fundamental maupun teknikal.

            Sesi level 1 dimulai pukul 09.00 WIB yang dibawakan oleh perwakilan dari pihak Bursa Efek Indonesia. Di sesi ini, kami diajarkan dasar-dasar dari pasar modal, mengenai seperti apa produk yang diperjualbelikan di pasar modal, ciri-ciri dari masing-masing produk, lembaga-lembaga pasar modal, dan lain sebagainya. Setelah materi selesai dibawakan, kami melakukan diskusi-diskusi aktif seputar pasar modal. Sesi 1 ini selesai sekitar pukul 12.00 yang selanjutnya diisi untuk waktu istirahat selama 1 jam.

            Pada saat jam menunjukkan pukul 13.00, pembicara kedua dari pihak CIMB Sekuritas Indonesia membawakan sesi level 2, di mana di sesi ini kita diberikan penjelasan tentang cara menganalisis saham dari sisi analisis fundamental maupun teknikal dan tips dalam memilih saham yang tepat, serta kita diberikan contoh secara langsung melalui aplikasi trading saham dengan tujuan agar kita mengerti praktik trading yang sesungguhnya. Sesi kedua ini berakhir pukul 4 sore yang mengakhiri kegiatan workshop hari ini. Tetapi sebelum kami kembali, kami diajak berkeliling untuk melihat sekeliling kantor bursa efek dan dijelaskan asal usul terbentuknya Bursa Efek Indonesia yang ada di museum bursa.

            Pada penutup acara, kami memberikan plakat SPM kepada pihak bursa sebagai ucapan terima kasih atas ketersediaannya dalam acara workshop ini. Kami pun pulang di saat bis sudah datang menjemput pukul 17.00 WIB menuju Alam Sutera.

Derryl Giovandy