Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis CSC 2024

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDKA) merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Cyber Security Community (CSC) dalam rangka mempersiapkan aktivis baru CSC sebelum mereka  menjalankan masa kepengurusan mereka. Acara ini sekaligus juga sebagai simbolik pelantikan masa kepengurusan baru CSC 2024. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2024 secara Hybrid mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB.  

Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini ialah memberikan pengetahuan dasar mengenai CSC dan materi-materi dasar kepemimpinan kepada para aktivis, sehingga aktivis yang hendak menjalankan masa kepengurusannya nanti memiliki pemahaman kepemimpinan dan keorganisasian yang kuat. Dalam kegiatan ini para aktivis dilatih kemampuan problem solving mereka melalui study case berupa permasalahan-permasalahan yang ada dalam organisasi. Kegiatan ini juga mendorong para aktivis untuk berkolaborasi dan kerja sama, agar dapat lebih mengenal satu dengan yang lainnya. 

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi utama, yakni sesi pengenalan CSC, sesi pemaparan program kerja CSC masa kepengurusan 2024, dan yang terakhir pemaparan materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian beserta pengesahan masa kepengurusan 2024. Di luar ketiga sesi tersebut, diadakan sesi lainnya seperti study case dan games untuk memeriahkan acara LDKA. 

Sesi Pengenalan Organisasi CSC 

Pada sesi pertama ini, materi pengenalan Organisasi CSC dibawakan oleh Malvinus Pialin Wongso (Malvin) dan Samuel Chandra (Samuel). Materi yang dibawakan pada sesi ini ialah sejarah CSC, perubahan Logo CSC dan makna dari logo tersebut, pemaparan visi misi untuk masa aktif 2024 hingga pembahasan mengenai anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART). Tujuannya di berikan materi ini agar para aktivis baru dapat lebih mengenal organisasi CSC dan memiliki pengetahuan seputar AD/ART CSC.  

Sesi Pemaparan Program Kerja Kepengurusan 2024 

Di sesi ini para aktivis diberikan penjelasan mengenai program kerja CSC yang akan dilaksanakan, program kerja ini terdiri program kerja organisasi dan program kerja di setiap divisinya. Untuk program kerja organisasi materi dibawakan oleh Malvin dan Samuel, sedangkan untuk program kerja di setiap divisi dijelaskan oleh masing-masing koordinator divisi yang berkaitan. Dari penjelasan program kerja ini diharapkan setiap aktivis dapat memahami program kerja dan tugas mereka selama menjadi aktivis CSC. 

Sesi Pemaparan Materi Kepemimpinan dan Keorganisasian 

Pada sesi ini aktivis di berikan materi mengenai kepemimpinan dan keorganisasian yang dibawakan oleh Gracia Abadi, Wisnu Putra, dan Vincentius Farrel.  Para aktivis dijelaskan dengan detail apa itu kepemimpinan, peran kepemimpinan dalam organisasi, dan gaya kepemimpinan yang ada. Disini juga aktivis di berikan cara-cara mengelola konflik, membangun delegasi dan pengembangan tim, serta bagaimana menjadi pemimpin yang komunikatif dan terbuka. Dengan diberikannya materi kepemimpinan dan keorganisasian ini diharapkan dapat membentuk karakter-karakter kepemimpinan pada setiap aktivis. 

Sesi Study Case dan Games 

Untuk menguji pemahaman para aktivis, di sesi ini para aktivis diberikan study case berupa “bagaimana cara kamu sebagai pemimpin mengatur anggota apabila ada anggotanya yang ogah-ogahan, galak, dan AFK (susah dihubungi dan jarang kerja)?”, seluruh aktivis diwajibkan memberikan solusi mereka mengenai kasus tersebut dan di-upload ke Qr atau link form pengumpulan jawaban yang tersedia. Sedangkan untuk sesi games di sini para aktivis menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar materi-materi yang telah disampaikan dengan menggunakan platform Blooket, bagi aktivis yang memenangkan permainan diberikan hadiah berupa e-money yang telah disiapkan oleh panitia.  

Seluruh kegiatan LDKA kemudian ditutup dengan sesi pengucapan selamat kepada aktivis-aktivis dan pengurus baru CSC 2024, dengan demikian juga masa aktif kepungurusan CSC 2023 sudah berakhir. Kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi untuk seluruh hadirin baik secara onsite maupun online beserta panitia yang bertugas. Dengan ditutupnya LDKA ini masa aktif kepengurusan CSC 2024 telah dimulai, semoga kepengurusan CSC 2024 dapat terus membuat organisasi CSC berkembang dan membawa organisasi ini menjadi lebih baik lagi.