National Cyber Week

Deskripsi

National Cyber Week merupakan acara yang diadakan CSC, yang dibagi menjadi tugas sub-acara besar, yakni seminar, workshop, dan perlombaan CTF (Capture The Flag) yang bertemakan Digimonth.

 Tujuan

CSC mengadakan acara besar ini dengan tujuan agar acara tersebut dapat menjadi wadah bagi orang-orang yang berminat dalam bidang Cyber Security, serta dapat berkompetisi, menambah pengalaman, dan menambah pengetahuan baik dari lomba, seminar, workshop maupun dari peserta lainnya.

Jenis Kegiatan yang Diadakan

Seminar

Seminar yang diadakan kali ini berjudul “What The Hack?!” yang memiliki makna suatu ekspresi dari seseorang ketika menemui hal-hal yang tidak biasa. Hubungan definisi ini dengan judul seminar adalah pembicara akan membawakan materi seputar penemuan teknik ataupun kejadian seputar Hacking di era digital yang dilakukan dengan cara yang tidak biasa serta menjadi trend serangan siber di zaman ini.

Seminar ini juga dibawakan oleh pembicara yang tentunya sudah tidak asing dan sering berkutat dengan bidang cyber security sendiri di Indonesia, yakni pak Ardi Sutedja, selaku penemu ICSF (Indonesia Cyber Security Forum).

Workshop

Workshop yang diadakan kali ini berjudul Hacktorial,  yang merupakan kata gabungan dari Hacking dan Tutorial. Judul tersebut bermakna workshop yang dibawakan seputar pembelajaran dasar Hacking, dari teknik hingga implementasi hacking di dunia nyata. Workshop ini juga dibawakan secara teori dan praktek sehingga partisipan dapat lebih memahami materi yang dibawakan pembicara.

Pada workshop ini pula, peserta diperkenalkan dengan Capture The Flag dan berkesempatan mencoba mengerjakan soal-soal Capture The Flag yang disediakan oleh pembicara. Pembicara pada acara ini juga tidak kalah keren dari acara seminar sebelumnya, yakni Abdillah Muhamad, seseorang yang sangat berkompeten dalam bidang cyber security, terlihat dari gelar sertifikasi yang telah banyak dikantongi dan pengalaman yang telah beliau dapatkan. Beliau juga merupakan Binusian ’18 dan sekarang bekerja sebagai Security Consultant.

Capture The Flag

Acara perlombaan Capture The Flag pada tahun ini merupakan acara dari CSC yang mulai diadakan sejak tahun lalu. Perlombaan tahun ini sama seperti tahun lalu yang berskala nasional, namun dikarenakan adanya pandemi yang belum selesai, maka acara perlombaan CTF tahun ini terpaksa diadakan secara online. Perlombaan CTF tahun ini dimenangi oleh tim Re-try_hard dari IPB.

Untuk informasi lebih detil mengenai apa itu CTF dapat dibaca pada link berikut.