Source Code Microsoft Windows Bocor!

Source Code Windows XP, Windows 2000, Windows Server 2003, dan beberapa versi lainnya dikabarkan bocor beberapa waktu yang lalu. File sebesar 43 GB tersebut tersebar melalui jaringan torrent dalam website 4chan. Disinyalir bahwa kebocoran ini sudah terjadi sejak lama di kalangan hackers namun baru kali ini diungkap ke publik karena menurut orang yang menyebarkannya hal ini harus bisa diakses oleh semua orang. Selain berisi source code, file tersebut juga berisi beberapa file dan video mengenai teori konspirasi yang melibatkan Bill Gates, pendiri Microsoft.

“I created this torrent for the community, as I believe information should be free and available to everyone, and hoarding information for oneself and keeping it secret is an evil act in my opinion, Microsoft claims to love open source so then I guess they’ll love how open this source code is now that it’s passed around on BitTorrent.”

Lalu apa dampaknya?

Microsoft sudah tidak lagi mendukung Windows XP sejak tahun 2014. Dapat dipastikan banyak kerentanan yang sudah tidak diperbaiki sejak lama sehingga kebocoran tidak begitu mempengaruhi keamanan sistem Windows XP sendiri.

Di sisi lain, beberapa fungsi dalam program Windows XP mungkin dipakai kembali pada versi Windows lainnya yang masih banyak digunakan sampai sekarang. Hackers dapat memanfaatkan informasi yang didapat untuk melakukan serangan terhadap sistem yang baru. Jika ini terjadi, maka keamanan jutaan pengguna akan terancam.

Sumber: