BSLC LDK-CP 2024 “Building Leaders: Fostering and Enhancing Future Leaders”

Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, BINUS Student Learning Community (BSLC) kembali mengadakan Latihan Dasar Kepimpinan-Calon Pengurus (LDK-CP) di Exhibition Hall Lantai 3, Kampus BINUS Anggrek. LDK-CP sendiri merupakan salah satu kegiatan yang diadakan rutin setiap tahunnya untuk memberikan pelatihan sekaligus membekali pengetahuan yang diperlukan oleh calon pengurus BSLC untuk periode kepengurusan selanjutnya. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Building Leaders: Fostering and Enhancing Future Leaders“. Tema ini bermakna membangun jiwa kepemimpinan yang berkualitas melalui penanaman nilai-nilai kepemimpinan yang positif untuk mendukung pengembangan potensi peserta.

 

Pembukaan Kegiatan oleh Angel (kiri) dan Michael Pagardin (kanan) selaku MC.

Acara BSLC LDK-CP 2024 diawali dengan pembukaan oleh Angel dan Michael Pagardin selaku MC. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Enrique Julian Aldo selaku BSLC Chairman 2024 dan Keith Kanto selaku Project Manager dari BSLC LDK-CP 2024. Selanjutnya, sesi materi pertama dibawakan oleh Ellisher Vlavasya Lumingkewas selaku BSLC General Treasurer 2024 dengan tema “Financial Management: Compliance and Transparency“. Pada sesi ini, Ellisher menjelaskan tugas seorang bendahara umum, aturan-regulasi keuangan program kerja, bukti transaksi, laporan keuangan, dan manajemen serta pemetaan keuangan sebuah organisasi kemahasiswaan.

 

Kata Sambutan oleh Enrique Julian Aldo selaku BSLC Chairman 2024.

 

Kata Sambutan oleh Keith Kanto selaku Project Manager BSLC LDK-CP 2024.

 

Materi pertama yang dibawakan oleh Ellisher Vlavasya Lumingkewas selaku BSLC General Treasurer 2024.

Untuk meningkatkan semangat peserta, acara dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking singkat. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua dengan tema “Navigating the Future: Strategic Management for Success” yang dibawakan oleh Ibu Chairani Putri Pratiwi, B.Sc, M.Si selaku BINUS Entrepreneurship Lecturer. Pada sesi ini, Ibu Chairani membahas mengenai komponen, proses, objektif, manfaat, dan contoh dari implementasi strategic management dalam sebuah organisasi. Adapun, outcome dari implementasi strategic management dalam sebuah organisasi adalah Applied Management Skills (AMS), Creative and Critical Thinking, dan Collaboration. Sesi materi ditutup dengan kutipan “Be a Leader Who Matters“.

 

Materi kedua yang dibawakan oleh Ibu Chairani Putri Pratiwi, B.Sc, M.Si selaku BINUS Entrepreneurship Lecturer.

Acara dilanjutkan dengan sesi istirahat. Pada sesi ini, tampak seluruh aktivis dan pengurus mengantre dengan rapi untuk mengambil makanan yang dipersiapkan oleh panitia. Setelahnya, para aktivis dan pengurus berkumpul untuk menyantap makan siang bersama dan saling mengobrol. Sesi ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan bonding antara aktivis dengan pengurus. Beberapa pengurus melakukan candaan dengan menanyakan kesiapan para aktivis untuk lanjut menjadi pengurus pada kepengurusan selanjutnya. Adapun beberapa aktivis yang sudah sangat yakin mengincar dan mempersiapkan diri untuk posisi tersebut.

 

Para aktivis dan pengurus mengantre untuk mengambil makan siang.

Setelah menyantap makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi materi ketiga yang dibawakan oleh Bryan Myer Setiawan selaku BSLC General Secretary 2024 dengan tema “Administration and Operational Management: Enhancing Effectiveness and Efficiency“. Pada sesi ini, Bryan menjelaskan beberapa komponen seperti proposal, Laporan Penanggung Jawab (LPJ), Memorandum of Agreement (MoA), surat resmi, dan arsip atau berkas sebuah organisasi. Sebelum lanjut ke sesi materi keempat, terdapat Ice Breaking kembali untuk meningkatkan fokus dan semangat para calon pengurus.

 

Penyerahan Sertifikat Apresiasi Pembicara kepada Bryan Myer Setiawan (kiri) selaku BSLC General Secretary 2024 oleh Enrique Julian Aldo (kanan) selaku BSLC Chairman 2024.

Pada sesi materi keempat, Vinnie Gabriella P. W. selaku BSLC General Treasurer 2023 membawakan materi “Evaluating Your Brand Narrative: Creating an Authentic Personal Brand“. Pada materi ini, Kak Vinnie menjelaskan apa itu personal branding, cara mengidentifikasinya untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik seseorang, serta organizational branding. Sesi ini ditutup dengan kutipan dari Jeff Bezos, “Personal brand is what people say about you after you have left the room.” Adapun acara dilanjutkan dengan istirahat.

 

Sesi materi kelima yang dibawakan oleh Vinnie Gabriella P. W. selaku BSLC General Treasurer 2023.

Sesi materi kelima adalah “Sustainable Growth: Driving Change and Adaptation Through Regeneration” yang dibawakan oleh Cahyani Widiasih selaku BSLC Kemanggisan President 2024. Pada sesi ini, Cahyani menyampaikan beberapa hal penting seperti konsep, tantangan, peluang, strategi, sikap, dan keberlanjutan dari sebuah kepemimpinan. Seperti pada setiap sesi materi, terdapat tanya jawab dan penyerahan sertifikat apresiasi kepada pembicara oleh Enrique Julian Aldo selaku BSLC Chairman 2024.

 

Penyerahan Sertifikat Apresiasi Pembicara kepada Cahyani Widiasih (kiri) selaku BSLC Kemanggisan President 2024 oleh Enrique Julian Aldo (kanan) selaku BSLC Chairman 2024.

Acara BSLC LDK-CP 2024 ditutup dengan sesi Sharing Session oleh Pengurus BSLC 2024 diikuti dengan dokumentasi bersama dan penutupan. Dengan demikian, acara BSLC LDK-CP 2024 terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta atau calon pengurus BSLC. Kami juga ingin berterima kasih kepada seluruh pembicara yang telah membawakan materi dengan baik. Tak lupa, juga untuk seluruh panitia yang sudah mempersiapkan acara BSLC LDK-CP 2024. BSLC, Learning is Fun!

 

Sharing Session oleh Cahyani Widiasih (kiri) selaku BSLC Kemanggisan President 2024 dan Keilani Savitri (kanan) selaku BSLC Alam Sutera President 2024.

 

Dokumentasi akhir bersama kegiatan BSLC LDK-CP 2024.

 

Kenji Ariya Kennard