Workshop BSLC x Dewaweb

Cara Membuat Blog Profesional

BSLC x Dewaweb

“From Beginner To Pro In Creating A Professional Blog”

Workshop kolaborasi BSLC x Dewaweb telah diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2023 di Binus Anggrek, Kemanggisan, mengangkat tema “From Beginner To Pro In Creating A Professional Blog”. Acara ini dibawakan oleh Kak Clement Yo, founder dari Tanpa Koding. Acara yang diikuti oleh mahasiswa BINUS University dari berbagai region mempunyai target untuk membuat blog profesional. Pada workshop kali ini peserta wajib membawa laptop masing-masing untuk melakukan praktik secara langsung. 

Ada beberapa alternatif platform untuk membuat blog, salah satunya menggunakan wordpress. Perbedaan wordpress dengan platform lainnya terletak pada cara pembuatan blognya saja. Untuk dapat membuat blog, hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal wordpress. Penginstalan wordpress membutuhkan waktu yang cukup lama. Pihak Dewaweb membantu peserta untuk menginstal wordpress sehari sebelum acara berlangsung. Bukan hanya itu saja, Pembicara juga menjelaskan alasannya memilih wordpress sebagai platform untuk membuat blog karena wordpress lebih SEO friendly dibandingkan dengan platform lainnya.

Pemateri, Kak Clement Yo memandu peserta dalam pembuatan blog secara bertahap. Dimulai dari menginstal tema hingga plugins sampai blog tersebut jadi. Kak Clement juga menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan blog seperti penulisan blog yang SEO friendly. Dengan semakin SEO friendly, memungkinkan Google untuk dapat merekomendasikan halaman blog pada pencarian teratas. Hal ini berpotensi meningkatkan pengunjung blog.

Selama acara berlangsung peserta belajar mengenai cara membuat blog secara profesional, tips membuat blog SEO friendly, dan manfaat membuat blog. Blog dapat dijadikan sarana untuk berbagi pengalaman dan knowledge. Penulis blog dapat menyalurkan hobi menulis serta berpotensi mendapatkan penghasilan yang berasal dari Google Ads ataupun kolaborasi dengan perusahaan.

 

Workshop ditutup dengan pemberian sertifikat kepada Kak Clement Yo dan pemberian plakat kepada pihak Dewaweb. Pihak Dewaweb juga memberikan merchandise kepada lima peserta yang telah bertanya dan enam peserta yang berhasil membuat blog berdasarkan panduan Kak Clement.