Pesona Kepulauan Widi, Pulau yang dilelang di Situs Amerika Serikat

Sumber: https://www.halmaheraselatankab.go.id/detail/43/pulau-widi

Kepulauan Widi masuk dalam daftar lelang di situs asing Sotheby’s Concierge Auction. Pulau tersebut didaftarkan oleh PT. Leadership Island Indonesia (LII) selaku pemegang hak pengelola. Situs lelang tersebut membuka lelang mulai hari Kamis (8/12/2022) dan akan ditutup pada Rabu (14/12/2022). Situs itu memberi peluang ke penawar tertinggi dengan deposit US$100.000 atau sekitar Rp1,5 miliar.  Menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Dalam Negeri, menegaskan bahwa tidak ada izin untuk melelang atau menjual pulau tersebut ke pihak manapun dan Pemerintah Pusat membatalkan hak pengelolaan PT Leadership Inslands Indonesia atas kawasan tersebut. Melihat hal tersebut, seperti apa daya tarik dan pesona Kepulauan Widi yang membuat banyak investor yang hendak melelangnya?

Melalui laman resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Kepulauan Widi berada dalam status wilayah konservasi seluas 315.117,92 hektar, dengan zona inti 8.700 hektar dan zona pemanfaatan bebas terbatas 306.000 hektar. Kepulauan Widi adalah gugusan pulau kecil yang terletak di Maluku Utara, berada di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku utara.

Dijelaskan bahwa Kepulauan Widi merupakan dua atol besar yang terdiri dari 104 pulau kecil, yang diberi nama Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane) dan Daga Weda (berhadapan dengan Kecamatan Weda). Dari ratusan pulau yang ada, hanya ada satu pulau yang berpenghuni, yaitu Pulau Daga Kecil, memiliki sekitar 15 kepala keluarga yang bermukin di pulau ini. Menghuni rumah-rumah panggung kayu di sekitar dermaga pulau. Akses menuju Kepulauan ini tidak mudah karena masih banyak fasilitas yang belum tersedia.

Pulau-pulau di Kepulauan Widi memiliki keunikan tersendiri. Karena terdiri dari dua atol yang besar, kepulauan ini menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Keindahan Kepulauan Vidi disertai dengan kekayaan alam yang unik berupa biota laut, flora dan fauna. Potensi perairan Kepulauan Widi memiliki tutupan karang dengan kategori cukup hingga baik, yaitu mulai 15% sampai 78%. Kerang keras di perairan Kepulauan Widi didominasi oleh Porites dengan persentase 16,27%. Selain itu, ada banyak jenis karang lain yang juga menghuni laut biru pulau-pulau ini, di antaranya Montipora, Acropora, dan Pocillopora. Selain karang, perairan Kepulauan Widi juga menjadi habitat bagi ikan karang dari keluarga Acanthuridae. Hewan karismatik seperti lumba-lumba, hiu, pari manta, dugong, hiu paus, paus biru kerdil, dan paus sperma juga mendiami dan berimigrasi Pulau Widi melalui perairan sekitar.

Pulau ini menjadi surga bagi para nelayan, sebagai sumber mata pencaharian mereka, karena pulau ini mempunyai  potensi perikanan yang besar. Meskipun pulau ini belum memiliki fasilitas penunjang pariwisata, Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling. Kepulauan Widi menyimpan sejuta pesona yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bila kita mengunjungi tempat ini. Hamparan pasir putih yang luas, laut  jernih bagaikan kristal, serta terumbu karang yang kaya dengan berbagai jenis ikan. Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara sehingga tidak heran tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Referensi:

Kabupaten Halmahera Selatan. (2020). Pulau Widi. https://www.halmaheraselatankab.go.id/detail/43/pulau-widi Natalia, F. (2022). Profil kepualuan widi yang hendak dilelang di situs asing, jadi surga nelayan dan wisatawan.

Sumber :

KompasTV.  (2022).  Profil Kepulauan Widi yang Hendak Dilelang di Situs Asing, Jadi Surga Nelayan dan Wisatawan. Retrieved from Kompastv.. https://www.kompas.tv/article/358738/profil-kepulauan-widi-yang-hendak-dilelang-di-situs-asing-jadi-surga-nelayan-dan-wisatawan