LDK AKTIVIS BSLC 2023

Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Aktivis BSLC Periode 2023

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis atau disingkat LDK-A merupakan acara wajib yang diselenggarakan setiap tahun sebagai pelatihan dasar awal terkait kepemimpinan dan sekaligus menjadi acara pelantikan bagi seluruh aktivis BSLC. Tujuan dari kegiatan LDK-A adalah untuk melatih aktivis baru yang akan bergabung di tahun 2023 mengenai kemampuan dalam memimpin dan membangun karakter pribadi yang kuat, serta mendapatkan ilmu baru terkait organisasi. Adapun kegiatan LDK-A yang menjadi wadah bagi para calon aktivis untuk dapat saling mengenal satu sama lain. Inti dari acara LDK-A yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2022 ini berisi tentang pengenalan mengenai BSLC lebih lanjut. Selain itu, terdapat tiga pembicara dalam kegiatan LDK A yang menjelaskan materi tentang Strategic Leadership, Communication Skill, dan Problem Solving Skill.

Acara LDK A di mulai pada pagi hari secara online melalui Zoom Meeting dengan pembuka dari kedua MC yang hebat yaitu Jacobus Franklien dan Ananta Pricilia. Mereka berdua menjadi MC untuk shift pertama yang memandu mulainya acara LDK A dan menyambut peserta acara yaitu calon aktivis BSLC dengan ramah serta penuh semangat. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Regional Kemanggisan BSLC periode 2022 yaitu Ghita Ihwanul Shalihah yang meresmikan acara LDK A dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya dalam merancang acara ini beserta seluruh peserta atas kehadirannya. Ghita Ihwanul Shalihah selaku Ketua Regional Kemanggisan BSLC periode 2022 juga mengingatkan kepada seluruh calon aktivis untuk dapat mengikuti acara dengan baik dari awal hingga akhir serta aktif dan responsif. Selanjutnya, ada kata sambutan dari Ketua Acara LDK Aktivis BSLC periode 2023 yaitu Alda Aini Putri yang memberikan apresiasi kepada seluruh panitia acara yang sudah berkontribusi dan kehadiran seluruh calon aktivis.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi bertama ‘The Importance of Strategic Leadership’ oleh Bapak Okta Prihatma Bayu Putra, S.Kom., M.B.A. selaku Dosen Manajemen di Binus University. Bapak Okta Prihatma Bayu Putra tidak hanya menerangkan secara detail berbagai materi mengenai betapa pentingnya kepemimpinan strategis dalam organisasi, namun juga memberikan kesempatan bagi seluruh peserta yang hadir untuk melakukan tanya jawab secara kondusif melalui fitur chat atau berbicara langsung melalui Zoom Meeting.

Setelah mendapatkan wawasan baru melalui materi yang disampaikan oleh Bapak Okta Prihatma Bayu Putra, lalu masuklah kepada sesi games pertama yang dipimpin oleh PIC games, yaitu Willy Liu. Games yang dibawakan adalah games Siapa Cepat Dia Dapat, di mana games ini dimainkan secara berkelompok berdasarkan daftar kelompok yang telah dibagi oleh panitia acara dan setiap kelompok harus menyelesaikan permainan dengan mengumpulkan minimal satu benda pada setiap challenge yang diberikan dalam durasi 2 menit. Adapun perwakilan kelompok tersebut dapat raise hand jika telah menyelesaikan challenge dan kelompok yang paling cepat akan menjadi pemenang setelah menunjukkan bukti barang yang dikumpulkan melalui webcam Zoom.

Setelah selesai sesi games, para peserta kembali disuguhkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Ibu Vivien Sylvina, S.IP., M.A. selaku Deputy Head of Communication Department for Alam Sutera Binus University yang bertema ‘How to Build a Powerful Communication Skill’. Melalui penjelasan yang lengkap beserta sesi tanya jawab mengenai keterampilan komunikasi yang kuat, para peserta diharapkan dapat membangun dan mengasah lebih dalam lagi terkait cara melakukan komunikasi dengan baik serta implementasinya di kehidupan sehari-hari termasuk di dalam organisasi.

Selanjutnya, acara dilajutkan dengan pemaparan materi ketiga yang dibawakan oleh Kak Syafria Fanesa selaku Ketua Regional BSLC 2021 yang bertema ‘Enhance Problem Solving Skills, Decision Making for Yourself, and The Organization’. Melalui penjelasan yang lengkap beserta sesi tanya jawab mengenai keterampilan problem solving, para peserta diharapkan dapat mengimplementasikan keterampilan pemecahan masalah untuk mengambil keputusan terbaik bagi diri sendiri dan untuk organisasi. Setelah materi ketiga selesai disampaikan, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat selama 15 menit dan acara dilanjutkan dengan materi terakhir yang bertema ‘Finance Fundamental for Organizational Sustainability’ yang dibawakan oleh Maria Yosepha Fioneta selaku Bendahara Umum BSLC 2022. Materi tentang fundamental atau pentingnya keuangan dalam keberlanjutan organisasi diharapkan mampu memberikan bekal bagi seluruh calon aktivis karena nantinya beberapa dari mereka tentunya akan menjadi sekretaris maupun bendahara acara-acara BSLC. Oleh karena itu, para peserta juga diberikan study case dan kesempatan melakukan presentasi untuk melatih dan menilai sejauh mana pemahaman mereka terkait materi keuangan yang sudah disampaikan. Dua kelompok pertama yang mengajukan diri untuk mempresentasikan hasil diskusi study case akan diberikan hadiah.

Setelah sesi study case dan presentasi selesai dilakukan, acara ditutup dengan dokumentasi yang dipimpin oleh PIC acara dan doa bersama antar panitia dan seluruh peserta acara yang telah hadir. Acara ini dianggap sebagai tanda pelantikan resmi para peserta sebagai aktivis BSLC periode 2023.