Mau Keuangan Stabil? Simak 5 Tips Mengatur Keuangan selama Sebulan!  

Sumber foto: Vintage Tone via Shutterstock

Uang merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan, saat ini banyak sekali diantara kita mulai dari pekerja atau karyawan, mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, dan sebagainya yang mengalami kesalahan dalam mengatur keuangan sehingga di pertengahan bulan mereka sudah mulai kehabisan uang yang dimilikinya. Maka dari itu, kemampuan dalam mengatur keuangan tentunya sangat diperlukan bagi setiap orang agar keuangan kita dapat tetap stabil dan tidak merasa kekurangan. Berikut merupakan beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan dalam sebulan, antara lain yaitu:

    1. Siapkan dana darurat!

Tentunya kita harus menabung untuk menjaga keuangan agar tetap stabil. Namun, kita juga perlu memisahkan Sebagian uang untuk dijadikan sebagai dana darurat. Hal ini penting agar jika sewaktu-waktu kita memiliki keperluan mendadak, kita tetap memiliki uang untuk dapat digunakan.

2. Memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan.

Kita harus dapat membedakan antara kebutuhan prioritas dan non prioritas. Kebutuhan prioritas merupakan kebutuhan yang paling penting dan harus segera dipenuhi, sedangkan kebutuhan non prioritas yaitu kebutuhan yang dapat ditunda. Dalam hal ini, kita perlu memisahkan keduanya dan sebaiknya jumlah anggaran untuk prioritas lebih banyak dibandingkan non prioritas. Jangan sampai kita menghabiskan uang untuk segala keinginan, tetapi kebutuhan justru tidak terpenuhi.

3. Check tagihan dan tanggungan!

Sebelum membeli barang yang diinginkan, pastikan kita telah terlebih dahulu memeriksa tanggungan dan tagihan yang harus dibayar. Jangan sampai uang kita habis untuk membeli suatu barang, tetapi ternyata masih ada tagihan atau tanggungan yang belum dibayar.

4. Merencanakan pengeluaran.

Kita harus mencatat rencana pengeluaran ke depan agar biaya pengeluaran dapat terstruktur, sehingga kita mengetahui apa saja yang akan dibeli untuk bulan ini. Namun, tetap utamakan prinsip skala prioritas!

5. Membawa catatan belanja bulanan.

Langkah ini menjadi langkah paling penting dalam mengatur strategi keuangan dalam sebulan. Dengan membawa catatan belanja bulanan, tentunya kita akan lebih berhati-hati dalam belanja dan hanya mengambil barang yang sudah tercatat di list, sehingga keuangan bulanan akan tetap stabil.

 

Referensi:

https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/6-trik-atur-keuangan-biar-bisa-napas-sampai-akhir-bulan