Ketupat Sebagai Simbol Lebaran Di Indonesia

https://img.inews.co.id/media/822/files/inews_new/2018/06/11/ketupat.jpg

Kita tentu sering sekali melihat banyak sekali pedagang yang menjual ketupat ketika mendekati dan memasuki penghujung bulan Ramadhan. Kamu mungkin bertanya-tanya sejarah awal mengapa ketupat selalu ada di setiap bulan ramadhan.

Ketupat memang sudah menjadi suatu simbol yang identik dengan bulan Ramadhan di Indonesia. Ketupat memiliki filosofinya tersendiri hingga bisa menjadikannya sebagai suatu simbol untuk merayakan hari kemenangan. Sebelum menjadi makanan khas lebaran di seluruh Indonesia, ketupat pertama kali dikenalkan pada masyarakat Jawa, berbarengan dengan penyebaran agama Islam ditanah Jawa. Sunan Kalijaga merupakan orang yang menggunakan ketupat sebagai salah satu tradisi di Jawa untuk menyebarkan agama Islam. Lambat laun, tradisi ini akhirnya melekat kepada masyarakat Jawa yang kemudian tersebar ke seluruh Indonesia.

Pada dasarnya, ketupat terbuat dari beras yang dimasak dengan dibungkus menggunakan daun yang nantinya akan menghasilkan nasi berbentuk padat. Dalam proses pembuatannya, ketupat memiliki banyak makna yang bisa diambil oleh masyarakat, seperti menunjukkan tanda kasih sayang kepada keluarga.

 

Referensi: