Yuk, Kenali Flora dan Fauna yang Mulai Punah di Indonesia!

source: peakpx.com

Nggak nyangka sekarang kita sudah ada di bulan November, nih, temen-temen. Nah, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita nggak boleh sampai lupa dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati setiap tanggal 5 November dong. Memangnya apa sih Hari Cinta Puspa itu?

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional adalah peringatan yang ditujukan untuk melindungi, menjaga, merawat dan melestarikan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Nah, berhubungan dengan melestarikan hewan dan tumbuhan, sekarang kita akan membahas satwa dan fauna yang langka dan perlu kita jaga, nih.

Fauna

  1. Tarsius Tarsier

Source: mediaindonesia.com

Primata kecil satu ini berasal dari daerah Sulawesi. Ciri hewan bertubuh kecil ini adalah memiliki mata besar berwarna cokelat dan suka bergelantungan di pohon. Cara berpindah tempatnya juga dengan cara melompat dari pohon satu ke pohon lainnya.

  1. Burung Maleo Senkawor

Source: blogs.uajy.ac.id

Spesies ini hidup di dataran rendah dan perbukitan Sulawesi, tepatnya di daerah Gorontalo. Namun, jumlahnya hanya sekitar 10.000 ekor saja. Alasan menurunnya populasi burung Maleo dikarenakan ukuran telurnya yang unik, yakni 5 kali lebih besar dari telur ayam biasa sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengambilnya.

  1. Merak putih

Source: idntimes.com

Pada umumnya, merak memiliki sayap indah yang memiliki beragam corak. Akan tetapi, Indonesia juga memiliki merak yang hanya memiliki satu corak saja, yaitu merak corak putih. Sayangnya, karena dipicu oleh kasus kebakaran hutan di beberapa daerah di Indonesia, burung merak putih ini menjadi semakin langka.

Fauna

  1. Rafflesia Arnoldii

Source: idntimes.com

Bunga raksasa yang terancam punah ini dapat ditemukan di Pulau Sumatera. Tumbuhan ini dapat mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat sehingga tak heran jika bunga ini disebut sebagai bunga bangkai. Bunga ini disebut bunga raksasa bukan tanpa alasan. Bunga ini memiliki bobot mencapai 10 kg dan diameter bunganya mencapai 1 meter.

  1. Kantong Semar

Source: kompas.com

Tumbuhan langka satu ini terkenal dengan keunikannya yang terletak pada kemampuan memangsa serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang. Tumbuhan ini menghasilkan nektar yang manis untuk menarik perhatian serangga. Saat serangga sudah masuk ke dalam kantongnya, serangga akan terperangkap di dalamnya.

  1. Pohon ulin

Source: ciriciripohon.com

Pohon Ulin merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Pohon ini juga sering disebut-sebut bahwa kayunya memiliki kekuatan yang setara dengan besi. Maka dari itu, kayu ulin sering diambil sebagai bahan konstruksi seperti rumah, jembatan, atau kapal laut. Hal ini mengakibatkan keberadaan pohon tersebut semakin sedikit dan dikategorikan sebagai tumbuhan langka.