NindaMaya, Log Book Online

NindaMaya, Log Book Online

      Halo, Binusian! Kalian sadar gak sih kalau kita sudah melewati setengah semester dari semester ganjil ini? Gak seperti biasanya, karena kondisi yang gak memungkinkan kita diharuskan untuk melakukan kegiatan perkuliahan dari rumah, jadi online class deh. Aku tahu sebagian dari kita pasti ada yang merasa kalau online class membuat kita jadi lebih sulit untuk menyerap dan memahami materi perkulihan yang ada, ya gak sih? Tapi tenang aja guys, kalian tahu gak kalau BSLC menyediakan program mentoring sebagai wadah belajar bersama bagi para Binusian?

      Program mentoring merupakan salah satu program BSLC yang memungkinkan mahasiswa BINUS untuk belajar bersama. Dalam program ini, BSLC menyediakan mentor-mentor yang berkompeten untuk mengajar mentee-menteenya, loh. Mentoring biasanya dilakukan di ruangan BSLC yang ada di kampus Anggrek bagi mahasiswa BINUS Kemanggisan, dan di ruangan lantai 3 bagi mahasiswa BINUS Alam Sutra. Akan tetapi, karena semester ini kita diharuskan online class, maka BSLC juga mengadakan mentoring secara online. Nah, untuk memfasilitasi kegiatan mentoring yang dilakukan secara online, kakak-kakak pada divisi IT di BSLC membuat NindyaMaya. NindyaMaya sendiri merupakan website atau online platform BSLC untuk sesi online mentoring yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data mentee dan absensi (log book) bagi para mentor dan mentee yang telah melakukan mentoring.

      Dalam pembuatan website, kita mengenal framework dan database. Framework sendiri adalah kerangka program yang digunakan untuk membantu developer untuk mengembangkan kode secara konsisten, sedangkan database sendiri merupakan sebuah sistem untuk menyimpan data. Nah, dalam pembuatan website NindyaMaya framework yang digunakan adalah Laravel, dan database yang digunakan adalah mysql. NindyaMaya ini dapat diakses melalui https://nindyamaya.bslc.or.id.

      NindyaMaya tidak hanya dapat diakses oleh para mentor saja, tetapi juga dapat diakses oleh para mentee BSLC. Pada awalnya, para mentor dan mentee perlu membuat account terlebih dahulu. Di sini, para mentor dan mentee diminta untuk memasukan data-data berupa nama, e-mail, NIM, jurusan, dan juga password.

         Selanjutnya, jika sudah register maka mentor dan mentee sudah dapat masuk ke NindyaMaya menggunakan account yang sudah mereka buat dengan memasukan e-mail dan juga password nya.

      Terdapat beberapa perbedaan tampilan NindyaMaya bagi para mentor dan mentee. Tampilan NindyaMaya pada mentor memuat beberapa pilihan seperti Create Session, My Mentee, dan Mentoring Session, sedangkan pada Mentee hanya ada pilihan Mentoring Session saja.

Create Session

      Pada NindyaMaya, para mentor dapat membuat sesi mentoring yang nantinya akan menjadi absensi dari sesi mentoring yang telah dilakukan. Dalam membuat sesi mentoring, para mentor dapat memilih Create Session, selanjutnya mentor akan diminta untuk mengisi data-data berupa mata kuliah yang diajar, platform yang digunakan saat mentoring, waktu dari sesi mentoring, dan bukti berupa foto screen shoot dari sesi mentoring yang sedang berlangsung. Pilihan Create Session ini hanya muncul pada NindaMaya milik mentor saja.

My Mentee

      Pada option My Mentee yang ada di NindyaMaya, para mentor dapat melihat data-data para mentee yang dapat mereka ajar sesuai dengan jurusan mereka. Pada My Mentee, para mentor dapat menambah dan menghapus mentee yang mereka ajar sesuai dengan list mentee yang telah dibagikan sebelumnya.

Mentoring Session

      Setelah mentor membuat sesi mentoring pada Create Session, maka sesi tersebut akan muncul pada tampilan Mentoring Session. Mentoring Session pada NindyaMaya ini memungkinkan para mentor dan mentee untuk melihat semua sesi mentoring yang sudah berlangsung.

      Pada tampilan Mentoring Session ini, para mentee dapat melakukan absensi. Mentee hanya perlu klik view detail yang ada di ujung sebelah kanan sesuai dengan nama mentor yang mengajarnya, setelah itu muncul tampilan berupa data-data yang telah dimasukan oleh mentor pada Create Session tadi, jika sudah sesuai maka mentee dapat melakukan absensi dengan mengklik Check In pada bagian bawah data tersebut. Setelah Check In dan berhasil maka mentee terhitung hadir dan melakukan sesi mentoring.