Metode SMART Goals Untuk Bantu Tetapkan Tujuan Kamu
Setiap orang pasti punya tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai, baik dalam pekerjaan maupun pendidikan. Namun untuk mencapainya, tentu kita tidak dapat sembarangan bertindak. Jika ingin sukses dalam menggapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan rencana dan target yang telah disiapkan. Metode SMART menjadi salah satu metode yang bisa dipakai untuk membantu mewujudkan tujuan kita. Apa sih SMART itu? SMART merupakan singkatan dari kata Specific, Measurable, Achieveable, Relevant, dan Time-bound.
- Specific
Pertama adalah specific. Kata ini menekankan perihal menetapkan target yang spesifik, tidak ambigu dan juga jelas. Target yang jelas akan membantu menguraikan apa yang akan dilakukan, sedangkan spesifik akan membuat kita fokus pada target yang akan dicapai. Dalam membuat target yang spesifik bisa juga dilakukan dengan menggunakan 5W, yaitu:
- What: Berhubungan dengan apa yang ingin kita capai.
- Why: Alasan yang jelas yang berhubungan dengan kenapa kita ingin mencapai target tersebut; tujuan dan keuntungan dari pencapaian target tersebut.
- Who: Mengetahui siapa saja yang akan terlibat dalam pencapaian target.
- Where: Identifikasi lokasi spesifik dalam mencapai target.
- Which: Berkaitan dengan SDM yang akan terlibat di dalamnya, persyaratan untuk mencapai target dan kendala yang menghalangi tercapainya target.
- Measurable
Kata kedua ini berhubungan dengan pentingnya kriteria yang digunakan untuk mengukur besarnya kemajuan yang dibuat dalam mencapai target. Jika sebuah target tidak dapat diukur maka akan sulit untuk mengetahui apakah kita telah membuat suatu kemajuan dalam mencapai tujuan akhir tersebut. Dengan adanya pencapaian yang terukur maka akan membuat kita semakin termotivasi agar bisa mencapai target sesuai dengan yang telah ditetapkan.
- Achievable
Kata ketiga ini menunjukkan bahwa walaupun kita bisa berekspektasi tinggi akan tujuan yang kita buat, namun harus diingat bahwa untuk dapat mencapainya tujuan yang dibuat harus tetap realistis. Tujuan atau target yang realistis adalah ketika kita tahu bagaimana cara mewujudkan tujuan tersebut dan apakah target tersebut dapat diwujudkan dengan kemampuan, sumber daya dan peluang yang kita miliki. Pertanyaan yang bisa diajukan untuk memastikan apakah target kita dapat tercapai dengan baik atau tidak adalah sepert usaha seperti apa yang dilakukan untuk proses pencapaian target? Berdasarkan hambatan yang diketahui, seberapa besar kira-kira peluang target tersebut bisa tercapai secara realistis?
- Relevan
Kata yang keempat adalah relevan. Saat membuat target, maka kita perlu memilih target yang relevan, artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan memiliki dampak terhadap yang lainnya. Sebuah target yang relevan akan memberikan jawaban ‘ya’ untuk semua pertanyaan berikut ini:
- Apakah target ini layak diperjuangkan?
- Apakah target ini ada di waktu yang tepat?
- Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan dan target yang lain?
- Apakah kita adalah orang yang tepat untuk mengejar target ini?
- Time-Bound
Kata kelima dalam metode SMART ini menekankan bahwa kita harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dimulai dan kapan harus tercapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, maka kita akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan. Bila tidak ada tenggat waktu, maka akan sulit suatu target atau tujuan dapat diselesaikan dengan baik.
Sumber:
https://www.linovhr.com/metode-smart-dan-penaruhnya/
http://shiftindonesia.com/menetapkan-target-yang-smart/
https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/smart-goal/
(Agnes Adeline_Creative and research_2201731554)