Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar
Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar
Salah satu masalah yang seringkali dijumpai oleh mahasiswa saat sedang belajar adalah hilangnya konsentrasi saat belajar. Jika sudah tidak konsentrasi, maka akan sulit untuk mengerti materi, ditambah jika materi yang dipelajari merupakan materi yang tidak disukai. Selain itu, ketika banyak agenda dan aktivitas yang harus dilakukan dan kita kehilangan konsentrasi, akhirnya tugas tidak selesai dan malah menambah tekanan. Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar yang bisa kamu simak.
- Mencari tempat belajar yang paling sesuai
Setiap orang memiliki suasana belajar yang berbeda. Jika kamu yang suka belajar di tempat tenang, maka kamar tidur atau perpustakaan bisa jadi pilihan yang tepat. Atau jika ingin belajar sambil menghirup udara segar, maka carilah tempat terbuka yang cukup tenang. Ada juga beberapa orang yang merasa lebih bisa berkonsentrasi jika belajar sambil mendengarkan musik. Oleh karena itu, dalam menentukan suasana belajar haruslah percaya pada diri sendiri, karena yang paling mengerti tentang kita adalah diri kita sendiri. Untuk mencari tahu suasana belajar yang paling tepat, bisa melakukan eksperimen dengan belajar di beberapa lokasi berbeda, bersama teman-teman atau sendirian, sambil mendengarkan musik atau tanpa musik, dan sebagainya hingga menemukan suasana belajar yang paling cocok dengan diri sendiri. Cara ini bisa membantu kamu menentukan kemampuan berkonsentrasi dan belajar dengan produktif di lingkungan yang berbeda.
- Membuat prioritas tugas
Sebagian orang yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dikarenakan tidak dapat mengatur kegiatan atau tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Ketika ada banyak tugas yang harus diselesaikan, maka kita cenderung ingin menyelesaikan semuanya dalam satu waktu, namun hal ini yang menyebabkan kita kehilangan konsentrasi dan akhirnya tugas pun tidak terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, agar tetap fokus hal yang bisa dilakukan yaitu membuat perencanaan dan prioritas tugas. Hal ini dapat membatu kita agar teratur dalam menyelesaikan tugas hingga mengurangi tekanan. Manajemen waktu adalah kunci untuk meingkatkan konsentrasi. Dalam membuat perencanaan tugas bisa dimulai dari tugas-tugas yang paling penting atau tugas yang batas waktunya paling dekat.
- Matikan perangkat seluler
Ketika sedang belajar, sebisa mungkin untuk mematikan ponsel, karena adakalanya ponsel menyita banyak waktu kita. Ketika ada kesempatan membuka ponsel, maka kita cenderung tergoda untuk membuka aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya seperti instagram atau youtube yang membuat kita lupa waktu sehingga tugas pun tidak terselesaikan. Oleh karen itu, lebih baik untuk mematikan ponsel saat belajar atau meletakannya jauh dari pandangan sehingga kita tidak tergoda untuk mengaksesnya.
- Istirahat
Saat tugas menumpuk, kebanyakan orang memilih untuk langsung menyelesaikannya, tak peduli dengan waktu istirahat yang tersedia, padahal otak kita juga perlu istirahat. Oleh karena itu ketika merasa lelah belajar ambillah waktu sejenak untuk beristirahat dan mengumpulkan energi kembali. Dengan begitu maka kita akan lebih konsentrasi dalam menyelesaikan tugas.
Sumber:
https://id.wikihow.com/Mengatur-Waktu
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160608214446-277-136801/enam-langkah-melatih-konsentrasi
https://www.brainfit.co.id/cara-meningkatkan-konsentrasi/
Agnes Adeline
Creative and Research