Empat Kuadran Prioritas

Empat Kuadran Prioritas

Salah satu masalah yang sering dijumpai saat melakukan suatu pekerjaan atau tugas adalah kurangnya waktu. Banyak orang yang beralasan bahwa waktu yang diberikan kurang sehingga tugas menjadi menumpuk. Ada juga beberapa orang yang ingin menyelesaikan tugas-tugasnya di satu waktu tertentu sehingga tugas yang dikerjakan tidak terselesaikan dengan baik. Namun hal tersebut pastinya dapat dihindari dengan manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu yang baik dapat membantu kita semakin produktif dan mengurangi tekanan akibat tugas yang menumpuk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam manajemen waktu, salah satunya yang disampaikan oleh Stephen Covey. Stephen Covey adalah seorang penulis buku psikologi terkenal yang membuat sebuah metode self-help menggunakan sistem matriks (bagan/kuadran) untuk manajemen waktu dan kegiatan. Cara tersebut dikenal sebagai “Kuadran Empat Prioritas”. Kuadran-kuadran tersebut dapat dilihat dari gambar dibawah ini:

Kuadran 1 : Mendesak dan Penting

Kuadran satu berisi hal-hal apa saja yang sudah mendesak dan penting. Hal-hal tersebut biasanya terkait dengan batas waktu yang mepet. Contoh dari kuadran satu ini yaitu malam hari belajar karena besok pagi ada ujian, atau adanya komplain. Tentunya tugas dan tanggung jawab ini harus benar-benar penting.

Kuadran 2 : Tidak Mendesak Tetapi Penting

Pada kuadran dua ini berisi hal-hal yang penting namun tidak mendesak atau tidak perlu segera diselesaikan.Namun pada kuadran ini menekankan pada fokus kita akan pencapaian tujuan jangka panjang. Contoh dari kuadran dua ini adalah menyicil catatan seminggu sebelum ujian, meningkatkan kemampuan tertentu (skill) hingga membentuk kebiasaan baik.

Kuadran 3 : Mendesak Tapi Tidak Penting

Kuadran tiga ini berisi hal-hal yang tidak atau kurang penting tetapi mendesak, atau bisa dikatakan kuadran tiga ini berisi hal-hal yang mendistraksi perhatian kita namun sebenarnya tidak penting meskipun perlu segera diselesaikan. Contoh kegiatan pada kuadran tiga ini adalah formalitas acara-acara yang sebenarnya dapat diwakili oleh orang lain, atau pembicaraan ringan dengan teman yang tidak berkepentingan

 

Kuadran 4 : Tidak Mendesak dan Tidak Penting

Kuadran empat ini berisi hal-hal yang yang tidak/kurang penting dan tidak/kurang mendesak. Sifat dari kuadran empat ini cenderung membawa kebahagiaan sesaat. Hal-hal yang termasuk dalam kuadran ini perlu dikurangi dan diminimalisir sebanyak mungkin karena cenderung membuat kita membuang-buang waktu yang berharga khususnya ketika kita sedang diburu banyak hal penting. Contoh kegiatan  dari kuadran empat ini yaitu mengecek media sosial selama berjam-jam, menonton televisi, browsing, dan lain sebagainya

Dengan mengelompokkan kegiatan-kegiatan dalam empat kuadran tersebut, maka kita bisa tahu sebenarnya mana tugas yang harus dilakukan segera dan mana yang tidak secara keseluruhan, sehingga diharapkan kita bisa mengatur waktu dengan lebih baik.

 

Sumber :

https://www.golife.id/kuadran-prioritas-cara-mengatur-waktu/

http://pelatihan-pengembangansdm.blogspot.com/2017/05/manajemen-waktu-time-management.html

http://www.visionstoexcellence.com/stephen-covey-4-quadrants/

 

Agnes Adeline

Creative and Research