PAKAIAN TRADISIONAL HANFU

Sumber: https://www.ebay.co.uk/itm/Chinese-Han-Dynasty-Ruqun-Hanfu-Suit-Cosplay-Women-Long-Sleeve-Dress-Costume-Hot-/332026810326

 

          Hanfu (汉服) berarti “Pakaian Han” tetapi sering juga disebut sebagai Hanzhuang ( 漢裝) atau Huafu (華服), merupakan busana tradisional suku Han. Suku Han merupakan suku dengan mayoritas yang telah terkenal di Tiongkok lebih dari 220 tahun sejak era Dinasti Han (202 SM-220 SM) dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 91,59 % dari keseluruhan penduduk Tiongkok. Dengan ini, suku Han digunakan untuk menyebut bangsa Tiongkok karena suku Han dianggap telah sukses meletakkan banyak dasar bagi perkembangan kebudayaan, identitas bangsa, ekonomi dan politik selama 400 tahun berkuasa.

          Istilah ini berasal dari Book Of Han yang ditulis oleh Ban Gu yang berisi tentang sejarah Tiongkok klasik yang selesai ditulis pada 111 M. Busana Hanfu sudah digunakan oleh penduduk suku Han sepanjang era kekaisaran dinasti Tiongkok. Hanfu sendiri mempunyai nilai sejarah yang panjang dan memiliki banyak model.

       Pada saat ini, Hanfu dikenakan sebagai pakaian adat tradisional Tiongkok oleh para peminat sejarah Tiongkok. Hanfu juga sering dipakai saat perayaan-perayaan istimewa, seperti pesta pernikahan, hari raya imlek dan lain sebagainya.

          Ternyata satu set Hanfu mempunyai 2 atau 3 lapisan. Dimana lapisan pertama dari Hanfu disebut dengan zhongyi yang merupakan pakaian dalam, seperti kaos oblong dan celana dalam pada pakaian barat. Lapisan kedua adalah lapisan utama yang ditutup didepan. Dan, lapisan ketiga bersifat opsional, seperti mantel yang biasanya disebut dengan zhaoshan yang terbuka dibagian depan serta untuk alas kakinya dengan menggunakan kaus kaki putih dan sepatu kain yang berwarna hitam dengan sol yang berwarna putih.

 

Sumber: https://www.tionghoa.info/hanfu-busana-tradisional-suku-han-tiongkok/

Lilya Syopiana