BNMC Presents “Portofolio Writing Workshop! (作品集创作研讨会!”)

Jakarta, 20 Oktober 2023 – BINUS Mandarin Club (建国大学中华俱乐部)telah sukses menyelenggarakan acara workshop dengan tema “Portofolio to Success” (作品集创作研讨会)yang berlangsung pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 secara online melalui Zoom Meetings.

Tema yang diusung pada acara workshop ini berfokus untuk membantu mempersiapkan para peserta dalam membuat CV dan portofolio yang tentu akan sangat dibutuhkan ketika ingin mencari pekerjaan. Seperti yang kita ketahui bahwa persaingan di bidang profesional menjadi semakin ketat di era digital seperti sekarang ini, sehingga kemampuan komunikasi yang efektif memainkan peran yang krusial dalam mengenalkan dan menunjukkan potensi kita. Hal itu berlaku untuk berbagai pekerjaan, baik itu dari bidang seni dan desain, teknologi informasi, industri kreatif, dan lainnya. Oleh karena itu, kemampuan dalam menyampaikan visi, kreativitas, dan potensi secara jelas dan persuasif melalui portofolio kita menjadi sangat penting. Portofolio bukan hanya sekedar koleksi karya, tetapi juga merupakan cara bagi individu untuk mempresentasikan diri mereka kepada klien, pemberi kerja, atau mitra bisnis potensial. Melalui acara workshop inilah, peserta belajar bagaimana cara membangun portofolio yang mampu mencerminkan identitasnya secara unik sesuai dengan kebutuhan pasar dan target pembaca yang dituju.

Acara workshop ini telah dihadiri oleh 57 peserta dengan pembagian peserta yakni Binusian sebanyak 54 peserta dan non-Binusian sebanyak 3 peserta. Acara ini diselenggarakan dari pukul 14.00 WIB. Sebagai pembuka, peserta juga diminta untuk melakukan pengisian entry ticket. Setelah itu, MC pun menyampaikan sambutan dan penjelasan tentang topik acara workshop ini secara singkat. Kemudian, sesi dilanjutkan oleh Kak Mario Sugi Wijaya selaku Head Designer and Art Director Goghworks dengan memperkenalkan dirinya secara singkat. Acara pun dilanjutkan dengan pemberian instruksi cara pembuatan portofolio yang baik. Para peserta pun diajak untuk ikut dalam pembuatan portofolio sambil mendengarkan pemaparan materi dari narasumber. 

Karya dari para peserta kemudian dikirimkan ke panitia melalui Google Mail yang sudah diberikan agar dapat di-review secara langsung oleh narasumber. Antusiasme peserta yang begitu tinggi terlihat dari karya-karya mereka yang begitu menarik dan kreatif. Setelah itu, acara pun sampai pada penghujung acara di mana peserta bersama dengan narasumber akhirnya melakukan sesi dokumentasi bersama. MC pun memberikan closing statement untuk mengakhiri acara dan tidak lupa untuk mengingatkan para peserta untuk melakukan pengisian exit ticket sebagai bukti kehadiran.