NATIONAL MANDARIN COMPETITION 2023 “RISE TO SHINE WITH THE CHINESE CULTURE”


Setelah beberapa tahun pelaksanaan
National Mandarin Competition secara online, BINUS Mandarin Club dengan bangga mengumumkan kembali diadakannya ajang kompetisi bahasa Mandarin berskala nasional untuk kesebelas kalinya. Pada tahun 2023, National Mandarin Competition mengadopsi konsep pertandingan dengan sistem hybrid bersama dengan dukungan dari sponsor utamanya, yakni Pei En Education. National Mandarin Competition (NMC) XI kali ini mengusung tema Rise to Shine with the Chinese Culture (崛起并与中华文化共同闪耀) yang mengandung harapan agar National Mandarin Competition ke-11 dapat lebih bersinar seiring dengan meningkatnya upaya pelestarian dan pengenalan kebudayaan Tiongkok kepada masyarakat umum.

NMC XI tahun ini mencakup babak penyisihan yang dilaksanakan secara daring serta babak final yang dilaksanakan secara luring. Kompetisi ini berhasil menarik peserta dari berbagai penjuru wilayah Indonesia, dengan partisipasi kuat dari 187 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Jenis perlombaan NMC sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu main competition dan mini contest. Pada main competition, peserta bersaing dalam berbagai cabang, termasuk lomba senior singing, junior singing, storytelling, dan speech. Sementara itu, mini contest memperlombakan kompetisi TikTok video dan poster design.

Selama babak penyisihan, hasil karya dari seluruh peserta mini contest, termasuk TikTok video dan poster design telah diposting pada akun Instagram resmi NMC, yaitu @nmcbnmc. Sedangkan, babak final main competition, yang mencakup junior singing, senior singing, storytelling, singing senior, dan speech dilaksanakan secara langsung pada tanggal 14 Oktober 2023 di Auditorium Kampus BINUS Alam Sutera. Setelah babak final selesai, pengumuman para pemenang lomba dari seluruh kategori telah dilakukan pada sebuah sesi penghargaan yang disertai dengan pemberian sertifikat dan penyerahan hadiah sebagai tanda apresiasi terhadap prestasi para pemenang dalam kompetisi ini.

Acara final National Mandarin Competition XI 2023 menjadi lebih istimewa dengan kehadiran dua tamu spesial, yaitu Bapak Hardi Maringan Adriananda Hutagalung, S.Psi, selaku Student Support Office (SSO) Manager Alam Sutera, dan Josi Lim, peraih gelar 3rd Runner Up Miss Chinese Indonesia Culture 2022. Selain itu, acara tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai penampilan istimewa yang dipersembahkan oleh Wing Chun Harmony Indonesia, Indonesian Bian Lian, Ilona Davina dengan penampilan Gu Zheng-nya yang luar biasa, dan tentunya penampilan Red Silk Dance Group dari BINUS Mandarin Club.


Kami dari BINUS Mandarin Club selaku penyelenggara National Mandarin Competition XI, mengungkapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam National Mandarin Competition XI 2023. Kami juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pei En Education selaku sponsor utama kami dan kepada mitra media yang telah berperan besar dalam mendukung kesuksesan National Mandarin Competition tahun ini. Mari pertahankan semangat ini dan terus berkontribusi dalam pengembangan bahasa Mandarin di Indonesia. Semoga kita semua bisa bertemu kembali di National Mandarin Competition berikutnya!

 

Della Phan