Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus BINUS Mandarin Club 2023: “Unleashing a Leader’s Journey (释放领导者的旅程)”

BINUS Mandarin Club mengadakan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus dengan tema “Unleashing a Leader’s Journey (释放领导者的旅程)” pada tanggal 24 Juni 2023 yang bertempat di Creative Space kampus BINUS Syahdan. LDK-CP ini bertujuan untuk membekali calon pengurus BNMC angkatan 24 dengan keterampilan dan pengetahuan penting yang diperlukan untuk peran mereka dalam BNMC kedepannya.

Acara dimulai pada pukul 07.24 WIB, di mana para peserta dipersilakan untuk memasuki venue dan diberi waktu untuk mengisi entry ticket. Acara diawali dengan pengerjaan pre-test, lalu dilanjutkan dengan sambutan hangat dari MC, yaitu Sdri. Pricillea Hanov. Selanjutnya, dua aktivis dari masing-masing region diundang untuk menaiki panggung dan berbincang dengan MC. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib acara oleh MC, penyanyian lagu Indonesia Raya dan penyanyian Himne BINUS.

Adapun Project Manager LDK-CP BNMC 2023 yaitu Sdr. Harris Kristanto Wahyudi Thambrin menyampaikan sambutan yang tulus dan diikuti oleh Ketua Umum BNMC, Sdri. Nethania Catrice Tiovilda, yang juga menyampaikan kata sambutan untuk para peserta. Kemudian kegiatan dilanjut dengan pemaparan materi yang membahas topik-topik penting seperti perencanaan program dan program kerja BNMC oleh Sdri. Nethania Catrice Tiovilda dan Sdri. Vallerie Graciella, tugas administratif dan operasional oleh Sdr. Joe Daniel Chang, profesionalisme oleh Sdri. Natalie Wilna Yehuda dan Sdri. Amelia Foreman, keuangan oleh Sdri. Devisya, dan strategi branding untuk organisasi oleh Sdr. Calvin Chandika. Pemaparan materi ini bertujuan untuk memberikan para peserta pemahaman yang komprehensif tentang tanggung jawab mereka terkait dengan peran kepemimpinan.

Untuk mendorong kerja sama tim dan mencairkan suasana dalam kegiatan LDK-CP, para peserta diajak untuk terlibat dalam permainan Scavanger Hunt. Kemudian peserta diizinkan untuk beristirahat, makan, serta mempersiapkan sesi berikutnya. Acara dilanjutkan dengan briefing studi kasus pertama, di mana peserta berkolaborasi dalam kelompok untuk berdiskusi dan menyusun strategi solusi untuk tantangan kepemimpinan dunia nyata mengenai kekeluargaan dan profesionalitas. Dua perwakilan dari masing-masing kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Setelah istirahat singkat, para peserta di-briefing kembali untuk pengerjaan studi kasus kedua, yang menekankan pemikiran kritis. Sekali lagi, perwakilan kelompok diundang untuk menjelaskan solusi mereka untuk skenario studi kasus yang diberikan. 

Setelah itu, peserta mengisi post-test dan dilanjutkan dengan sesi bonding, di mana baik peserta maupun panitia bermain games untuk mempererat keakraban. Sebagai penutup pada sesi bonding, Sdr. Leonardo Alonso Kweek menyampaikan pengalaman serta motivasi untuk para calon pengurus BNMC angkatan 24. Acara diakhiri dengan doa penutup dan peserta diminta mengisi exit ticket sebagai bukti kehadiran dan untuk memberikan feedback mengenai kegiatan LDK-CP. MC memberikan kata penutup yang diikuti oleh sesi dokumentasi dan arahan bagi peserta yang menggunakan shuttle bus untuk kembali ke kampus regional Alam Sutera.

Carina