NATIONAL MANDARIN COMPETITION 2022 “REMINISCING THE ART OF CHINESE”

Ajang kompetisi Mandarin berskala nasional kembali diadakan tahun ini oleh BINUS Mandarin Club melalui National Mandarin Competition 2022. National Mandarin Competition yang ke-10 ini mengangkat tema Reminiscing the Art of Chinese (华艺术) dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya Tiongkok, serta meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap bahasa Mandarin. National Mandarin Competition ini tentu saja tidak terlepas dari pentingnya bahasa Mandarin yang terus berkembang dari waktu ke waktu. National Mandarin Competition merupakan tempat untuk mengasah kemampuan berbahasa Mandarin dan menjadi wadah bagi peserta agar mampu berkontribusi dalam mengembangkan budaya Tiongkok dan bahasa Mandarin.

National Mandarin Competition 2022 diselenggarakan secara online untuk ketiga kalinya dikarenakan masa pandemi yang masih berlangsung. Pada kompetisi ini tercatat sebanyak 279 peserta yang berpartisipasi. Adapun perlombaan yang diselenggarakan oleh National Mandarin Competition 2022 adalah storytelling untuk kategori junior dan senior, pidato untuk kategori junior dan senior, menyanyi untuk kategori junior dan senior serta mini contest seperti desain poster dan fotografi. 

Untuk para peserta yang telah berhasil masuk ke babak final telah diumumkan pada 7 September 2022 dan seluruh hasil karya peserta finalis National Mandarin Competition diunggah melalui akun Instagram dan YouTube NMC. Pengumuman untuk para pemenang akan diumumkan melalui channel YouTube NMC BNMC pada 29 Oktober 2022. Adapun tamu spesial yang hadir dalam final winner announcement, yakni bapak Teddy Sugianto. Selain itu juga ada beberapa performer yang telah memeriahkan acara final winner announcement National Mandarin Competition 2022, yaitu penampilan dari Kuning Agung, Shufa Calligraphy, dan Red Silk Dance Group.

Kami mewakili para panitia ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam acara National Mandarin Competition 2022. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para juri dan media partner yang telah mendukung dan menyukseskan National Mandarin Competition 2022. Semoga acara ini dapat terus menjadi wadah untuk berkarya dan mengembangkan kebudayaan Tiongkok dan bahasa Mandarin di Indonesia. 

Clarence Lauwandi