Provinsi Sichuan

https://www.eyeonasia.gov.sg/china/know/china-municipalities-provinces/sichuan-guide/

Sichuan adalah sebuah provinsi di barat daya Tiongkok dengan Chengdu sebagai ibu kotanya. Giant Panda dan masakan yang sangat pedas adalah dua karakteristik Sichuan yang paling terkenal. Sungai Jialing, Jinsha, Min, dan Tuo yang melintasi provinsi yang bervariasi secara geografis disebut sebagai “empat sungai” yang diterjemahkan dari nama Sichuan.

Dataran rendah timur memiliki iklim muson subtropis yang biasanya berawan atau berkabut. Chengdu terletak di daerah cekungan dan banyak yang mengklaim bahwa cuaca di Chengdu bahkan lebih berawan dan berkabut daripada di London. Cuaca di dataran rendah Sichuan menyenangkan sepanjang tahun. Di sisi lain, bagian barat yang bergunung-gunung, mengalami berbagai iklim karena topografinya yang bervariasi sehingga memungkinkan adanya perubahan cuaca yang cepat.

Sichuan terbentang seluas 485.000 km2 dan memiliki populasi sekitar 87 juta orang. Buddha Raksasa di Leshan, Gunung Emei (Éméishān), Gunung Qingcheng (Qīngchéngshān), Sistem Irigasi Dujiangyan, Area Pemandangan Alam Huanglong, dan Cagar Alam Jiuzhaigou adalah Situs Warisan Dunia UNESCO di Sichuan.

Saat ini, ada 22 bandara di Sichuan, dan masih banyak lagi yang sedang dibangun. Hal ini akan sangat membantu siapa pun yang ingin pergi ke tempat-tempat populer di seluruh provinsi, termasuk Bandara Jiuzhai Huanglong dan Kangding. Bandara Internasional Chengdu Shuangliu adalah pusat transportasi udara di kawasan itu dan bandara tersibuk keempat di Tiongkok.

Sichuan adalah bagian penting dari Ancient Tea Horse Road [茶马古道] yang juga dikenal sebagai Southern Silk Road karena merupakan salah satu daerah penghasil teh asli di Tiongkok. Selama dinasti Song, Sichuan menjadi wilayah penghasil teh paling penting di Tibet.

Di treasure house opera Tiongkok, opera Sichuan adalah permata yang penuh warna dan berkilauan. Pertunjukan yang populer dan lucu adalah aspek penting dari budaya Sichuan. Pertunjukan paling populer yang bergenre komedi melibatkan virtuoso performers yang dapat dengan cepat mengubah topeng mereka. Hal ini memiliki sejarah panjang dan bertanggung jawab atas pelestarian banyak repertoar tradisional yang indah, melodi yang kaya, dan seni pertunjukan yang luar biasa. “Shu opera plays champion in the globe” adalah pernyataan yang berasal dari periode Tang.

Masakan Sichuan juga terkenal di seluruh Tiongkok dan merupakan salah satu masakan paling populer di luar Provinsi Sichuan. Makanan Sichuan terkenal dengan kombinasi rasa yang dikenal dalam bahasa Mandarin sebagai málà yang diterjemahkan menjadi “pedas dan mati rasa”. Tanpa lada Sichuan, lada hitam, cabai, chile, broad bean chili paste, bawang merah, jahe, dan bawang putih, masakan Sichuan tidak akan lengkap. Ini adalah rempah-rempah penting untuk memunculkan cita rasa makanan yang kaya. Bahan segar lainnya yang digunakan adalah daging babi, daging sapi, ikan, sayuran, dan tahu.

Hidangan Sichuan Paling Terkenal

  1. ‘Pockmarked Granny’ Bean Curd (Mapo Tofu)
  2. Spicy Diced Chicken (Kung Pao Chicken)
  3. Fuqi Fei Pian (‘Husband and Wife Lung Slices’)
  4. Sichuan Hot Pot
  5. Dandan Mian (Dandan Noodles)
  6. Ganbian Sijidou (Dry Stir Fried Green Beans)

Referensi:

Deason, R. (2017, October 17). Spotlight on a Chinese Province: Sichuan. Culture Trip. Retrieved April 15, 2022, from https://theculturetrip.com/asia/china/articles/spotlight-on-a-chinese-province-sichuan/

Naumann, S. (2019, November 20). Sichuan Province Travel Guide. Tripsavvy. Retrieved April 15, 2022, from https://www.tripsavvy.com/sichuan-province-travel-guide-1494915

Pang, K. (2021, December 29). Sichuan Cuisine — the Most Popular Cuisine in China. China Highlights. Retrieved April 15, 2022, from https://www.chinahighlights.com/travelguide/chinese-food/chuan-cuisine.htm

Quan, C. (2021, February 7). 10 Interesting Facts You Should Know About Sichuan. China Highlights. Retrieved April 15, 2022, from https://www.chinahighlights.com/sichuan/facts.htm#:~:text=Sichuan%20is%20a%20large%20province,see%20and%20things%20to%20do.

四川省

四川是中华人名共和国西南地区的一个省份,省会级最大城市是成都市。大熊猫和很辣的食物是四川最出名的两个特色。嘉陵江,金沙江,岷江,沱江横贯各省,被称为“四条河流”,意即四川。

东部低地属亚热带季风气候,通常多云或有雾。成都地处盆地,很多人都说成都的天气比伦敦还要多云多雾。四川低地一年四季天气都很好。另一方面, 多山的西部由于其多变的地形而经历了各种气候,这有可能使得天气变化迅速。

四川面积48.5万平方公里,大约有8700万人口。乐山大佛,峨眉山,青城山,都江堰水利工程,黄龙风景区和九寨沟自然保护区是四川的联合国教科文组织世界遗产。

目前,四川已有22个机场,还有很多还在建设中。这对于想要前往九寨黄龙和康定机场等全省热门景点的人来说将会有很大的帮助。成都双流国际机场是该地区得航空交通枢纽,也是中国第四繁忙的机场。

四川是茶马古道的重要组成部分,也被称为南方丝绸之路,因为是中国原始的茶叶产区之一。在宋朝,四川成为了西藏最重要的产茶区。

在中国戏曲宝库中,川剧是一颗璀璨夺目的瑰宝。流行和幽默的节目是四川文化的一个重要方面。喜剧类型中最受欢迎的节目涉及可以快速更换面具的艺术表演者。它历史悠久,保存了许多优美的传统剧目、丰富的旋律和优秀的表演艺术。 “蜀戏冠天下”是唐代的说法。

川菜在全中国也很有名,是四川省以外最受欢迎的菜肴之一。川菜是以混合风味而闻名,或称为麻辣,意思是辛辣和麻木。没有花椒,黑胡椒,辣椒,蚕豆辣椒酱,葱,姜,蒜的川菜,是道不完整的川菜。这些都是能带出食物丰富风味的必要香料。其他常用的新鲜食材是猪肉,牛肉,鱼,蔬菜和豆腐。

四川最有名的川菜:

  1. 麻婆豆腐
  2. 宫保鸡丁
  3. 夫妻肺片
  4. 四川火锅
  5. 担担面
  6. 干煸四季豆

Penerjemah: Alyssa Febyanda

Vincent