Memahami Pentingnya Marketing

Di zaman ini, kita pernah mendengar bahwa salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis adalah marketing. Tanpa adanya marketing, sebagus apapun produk yang dihasilkan akan dinilai kurang menarik perhatian customer.

Nah, mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa sih marketing itu bisa menjadi kunci sukses dari sebuah bisnis. Maka artikel ini tepat untuk kamu. Artikel kali ini akan membahas tentang pentingnya marketing bagi bisnis anda. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tau tentang marketing itu apa.

Marketing atau pemasaran adalah sebuah strategi untuk memperkenalkan produk kepada customer. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti promosi, distribusi, dan lain-lain. Oleh karena itu, untung ruginya suatu perusahaan dapat dilihat dari proses marketing perusahaan tersebut.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai pentingnya sebuah marketing. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita simak artikel berikut!

1. Membangun Brand Awareness

Salah satu tujuan dari marketing adalah membangun brand awarenessBrand awareness merupakan kemampuan customer dalam mengenali dan mengingat suatu merek. Brand awareness memiliki proses sebagai berikut

  1. Menarik perhatian calon customer
  2. Calon customer menjadi tertarik
  3. Timbul perasaan ingin menggunakan atau memakai produk
  4. Tindakan untuk membeli produk

2. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan cara menjual produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, tentu proses promosi dan penjualan menjadi salah satu ujung tombak dari bisnis anda.

Jika produk anda sudah dikenali oleh para konsumen, kesempatan untuk menjual tentu menjadi semakin besar. Akan tetapi, tidak cukup sampai dikenali saja. Jika hanya mengandalkan brand awareness saja, sangat mungkin produk kita akan tertinggal jauh dari para kompetitor lainnya. Oleh sebab itu, marketing sangat penting untuk menjadi semacam pengingat bahwa perusahaan anda masih eksis.

3. Membangun Reputasi Perusahaan

Sadar atau tidak sadar, marketing dapat membantu membangun dan meningkatkan reputasi perusahaan anda. Bisa jadi dengan adanya marketing yang baik, anda justru mendapatkan banyak kerja sama yang akan membawa dampak positif ke perusahaan anda.

4. Memahami Customer dan Pasar

Jika bercerita tentang bisnis, tentu kita tidak boleh mengabaikan tentang customer dan pasar. Bisnis tidak akan berjalan lancar jika kita tidak mengenal target customer dan pasar. Untuk itulah diperlukan sebuah team marketing yang berfungsi untuk melakukan penelitian terhadap customer dan pasar. Tugas mereka adalah untuk menganalisis tentang ketertarikan customer terhadap suatu hal, kebiasaan customer, tingkat daya beli, tren pasar, kebutuhan customer, bahkan sampai ke perusahaan competitor sekalipun.

Dengan adanya penelitian, anda akan dipermudah untuk mengambil keputusan seperti menentukan harga produk, produk baru yang akan diluncurkan, dan lain-lain.

Nah, itu dia 4 alasan mengapa marketing tersebut sangat penting di dalam sebuah bisnis. Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!