Peranan Penting Digital Marketing dalam Industri 4.0
Pada era Industri 4.0 saat ini, berbagai hal sudah berubah menjadi digital. Pemicu utamanya ada pada perkembangan teknologi yang sudah menjadi pilihan bagi berbagai pihak karena sifatnya yang praktis dan lebih mudah digunakan. Perkembangan ini tidak hanya ada pada teknologi saja bahkan masuk ke bagian marketing yaitu strategi marketing yang ikut beradaptasi menjadi digital marketing.
Digital marketing adalah salah satu kegiatan pemasaran atau metode promosi pada suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital (elektronik) sebagai media promosi. Dengan tujuan untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan lebih luar, cepat, dan tepat waktu. Jadi pada kesempatan ini, saya akan memberikan alasan mengapa penggunaan digital marketing pada bisnis itu penting pada era 4.0 dan jenis-jenis dari digital marketing itu sendiri. Ayo, langsung saja kita masuk lebih dalam tentang digital marketing.
Kenapa Digital Marketing Perlu diterapkan Pada Bisnis?
1. Menjangkau pasar secara online
Dengan digital marketing, konsumen yang sudah banyak menggunakan internet akan dapat menemukan produk yang dipromosikan, karena internet merupakan suatu wadah yang dapat menghubungkan konsumen dengan produk secara cepat dan luas. Maka dari itu peluang bagi pelaku bisnis dalam memperkenalkan produknya kepada publik semakin tinggi melalui digital marketing.
2. Menekan biaya marketing konvensional
Dengan digital marketing, biaya-biaya yang dikeluarkan untuk membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di media cetak maupun televisi serta pembayaran pajak dan perizinan lainnya. Sedangkan dengan menggunakan digital marketing, media yang digunakan adalah media digital berupa Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram dalam mempromosikan produk. Untuk menggunakan media sosial, pebisnis hanya perlu membuat akun dan dapat menggunakan layanan yang sebagian besar gratis.
3. Menjaga komunikasi antara penjual dan pelanggan
Membangun komunikasi yang baik dapat dilakukan dengan digital marketing karena layanan yang disediakan kepada pelanggan online adalah 24 x 7 yang berarti layanan penuh setiap saat. Dengan demikian, layanan yang diberikan akan membuka kesempatan bagi pelanggan untuk bisa mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, dan membangun hubungan yang solid agar tercipta pelanggan yang loyal akan produk dan jasa yang akan ditawarkan.
4. Semakin kompetitif di Era Digital
Dengan menggunakan digital marketing, nilai atau citra dari perusahaan atau usaha dapat meningkat karena dipandang semakin kompetitif dalam menanggapi era digital saat ini. Secara tidak langsung nilai dari perusahaan atau usaha akan meningkat yang akan membawa dampak positif dalam berbisnis.
Jenis-Jenis Digital Marketing
1. Content Marketing
Content Marketing adalah strategi digital marketing yang membuat dan membagikan konten secara konsisten dan relevan untuk menarik perhatian target pasar atau customer. Tujuan utama content marketing adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari para customer yang memiliki potensial. Contoh dari content marketing adalah blog, video, podcast, studi kasus, dan e-book.
2. Search Engine Optimization (SEO)
SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website untuk mendapatkan peringkat teratas dalam pencarian dan meningkatkan traffic berkualitas secara gratis maupun berbayar. Tujuan dari SEO adalah menarik banyak pengunjung dan memiliki traffic yang tepat dan sesuai dengan tujuan utama website. Cara yang dapat dilakukan oleh dalam SEO adalah mengoptimalkan konten yaitu kata kunci pada judul, deskripsi, isi website, dan membangun backlink yang relevan agar dapat memudahkan website untuk ditemukan pengunjung. Dengan traffic yang stabil, keuntungan yang dibawakan juga akan stabil dan baik.
3. Search Engine Marketing (SEM)
SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dari sebuah website pada hasil mesin pencarian seperti google, yahoo, dll. SEM dikenal dengan pencarian berbayar(Paid Search), klik berbayar (Pay per Click) atau iklan pencarian berbayar (Paid search advertising). Biasanya SEM akan terlihat pada URL hasil pencarian google dengan tanda “Ad” yang merupakan hasil dari padi search google adwords.
4. Social Media Marketing (SMM)
SMM atau Social Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial dalam memasarkan produk dengan fokus utama untuk membuat dan membagikan konten di media sosial yang bertujuan untuk mengenalkan produk, menawarkan produk, dan menarik minat pada target konsumen. Beberapa contoh dari SMM adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads. Selain itu aktivitas dan strategi yang berkaitan dengan pemasaran di media sosial, seperti posting konten, menjadwal jenis dan waktu posting, melakukan interaksi dengan pembaca, menganalisis persaingan, memantau data analitik, dan mengembangkan strategi pemasaran di media sosial.
5. Pay-Per-Click Advertising (PPC)
Pay per click adalah iklan yang akan dikenakan biaya jika ada target atau pengguna yang menekan iklan tersebut. Maka dari itu biaya yang dikenakan untuk periklanannya akan bertambah seiring dengan besarnya pengguna yang menekan iklan.
6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah strategi bisnis yang membayar seseorang atas jasa yang diberikan. Orang tersebut akan dibayar jika berhasil menjual produk atau jasa dari produk dari perusahaan dengan pemasaran secara online maka akan diberikan komisi atas penjualan yang dilakukan melalui orang tersebut. Biasanya cara yang dilakukan adalah meletakkan link Affiliate pada blog, sehingga orang tersebut dapat menulis sebuah artikel sesuai tema yang diberikan disertai dengan link Affiliasi.
7. Email Marketing
Email Marketing adalah promosi yang dilakukan menggunakan email sebagai media dalam mempromosikan produk atau jasa. Selain itu email marketing juga dapat digunakan dalam menjalin hubungan dengan target atau customer. Isi dari email marketing biasanya tidak hanya interaksi sosial namun kesan menarik kepada target mengenai produk yang ditawarkan.
Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!