Manfaatkan TikTok Sebagai Strategi Marketingmu!

Zaman sekarang, tentunya media sosial bukanlah hal yang asing bagi banyak orang. Media sosial yang telah ditemukan sejak akhir abad ke-19, terus berkembang dan memiliki banyak pengguna sampai saat ini.

Belakangan ini, TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Berdasarkan laporan yang didapat dari Statista (Februari 2021), pengguna aktif TikTok dalam sehari dapat mencapai 35,28 juta. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna TikTok terbesar di dunia dan berhasil menduduki peringkat ke-4 dengan total pengguna mencapai 30,7 juta (Juli 2020).

Banyaknya jumlah pengguna aktif di TikTok, menciptakan adanya peluang yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah melakukan digital marketing melalui media sosial tersebut. Namun, tentunya perlu cara yang benar agar digital marketing melalui TikTok dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Buat konten dan caption yang menarik

Bentuk konten yang digunakan dalam aplikasi TikTok adalah video. Sehingga, sebagai penyedia konten, kamu harus bisa menyesuaikan video dengan hal-hal yang sedang tren. Jika ingin membuat video mengenai fashion, maka harus mengetahui terlebih dahulu, apa tren fashion di TikTok saat ini. Kemudian, dilanjutkan dengan memikirkan bagaimana tren tersebut dapat mempromosikan jasa atau produk yang kamu miliki.

Untuk mendukung penyampaian maksud video, diperlukan caption yang tidak hanya menjelaskan, namun juga menarik pengguna lain untuk membacanya. Caption biasanya berisi deskripsi dan hashtag. Berbicara mengenai hashtaghashtag memiliki pengaruh terhadap tren di TikTok. Tren TikTok tentunya tidak terbentuk begitu saja. Tren bisa terbentuk karena banyaknya video yang membahas mengenai suatu hal tertentu, dimana video-video tersebut dikumpulkan di dalam satu hashtag yang sama. Maka, ketika mengunggah sebuah video, jangan lupa gunakan hashtag yang sesuai, sehingga pengguna lain dapat menemukan video kamu ketika mengikuti hashtag yang sedang tren.

Sebagai saran tambahan, kamu juga bisa loh membuat hashtag khusus yang menjadi identitas bagi konten kamu sendiri. Tujuannya adalah agar pengguna lain dapat menemukan semua video kamu hanya melalui satu hashtag tersebut dan tentunya dapat menaikkan engagement rate.

2. Unggah video secara konsisten

Mengunggah video dengan waktu yang konsisten, akan membuat followers merasa senang, karena mereka mengetahui secara pasti kapan video terbaru dari kamu bisa diakses. Kemudian, hal ini juga mempengaruhi penilaian dari TikTok terhadap kontenmu, dimana semakin sering kamu mengunggah video, maka engagement rate juga akan semakin meningkat. Dari engagement rate yang meningkat, TikTok akan menyebarkan konten kamu ke audience dengan cakupan yang lebih luas lagi, tentunya ini akan sangat menguntungkan.

3. Beri tanggapan pada komentar pengguna lain

Sama seperti tips ke-2, memberi tanggapan pada komentar pengguna lain dapat membuat pengguna merasa senang. Tentunya, balasan komentar yang diberikan adalah komentar positif atau komentar yang menarik. Namun, tidak semua komentar harus ditanggapi. Kamu dapat mengganti tanggapan tersebut dengan like atau cukup menanggapi komentar yang dianggap bisa membantu dalam mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki. Hal itu juga dapat mempengaruhi engagement rate secara perlahan-lahan.

Nah, ketiga tips di atas adalah apa yang bisa kamu terapkan dalam melakukan digital marketing melalui TikTok. Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!