5 Rekomendasi Aplikasi Pemrograman untuk Coding 2021

Halo Sobat Filemagz! Salah satu hal terpenting bagi seorang programmer adalah sebuah aplikasi untuk mengedit code mereka atau yang biasanya sering disebut dengan source code editor. Aplikasi ini akan selalu dipakai oleh mereka secara terus menerus selama mereka masih menulis code. Dengan adanya ratusan code editor di luar sana, terkadang sulit untuk seorang software developer untuk memilih aplikasi mana yang sesuai. Agar memudahkan hal tersebut, maka Filemagz sudah menyiapkan 5 rekomendasi aplikasi pemrograman yang dapat kamu gunakan terutama untuk tahun 2021 ini.

Notepad++

https://notepad-plus-plus.org/

Mungkin kamu sudah sering mendengar aplikasi Notepad, di mana aplikasi tersebut sering kita gunakan untuk mengetik catatan-catatan penting dan disimpan ke dalam file.txt. Beda dengan Notepad biasa, Notepad++ merupakan aplikasi code editor yang mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, dan HTML.

Aplikasi ini kami rekomendasikan karena proses pengaturannya yang tidak ribet dan fitur-fiturnya yang sudah lumayan lengkap. Proses mengakses file untuk dibaca dan ditulis dalam aplikasi ini juga sangatlah mudah. Lalu, aplikasi ini memiliki fitur auto-save dan kecepatan compile yang lumayan cepat. Tentunya hal ini dapat membantu programmer dalam mengecek apakah code mereka berjalan sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Dengan fitur- fitur tersebut, aplikasi ini sempurna bagi para programmer pemula yang baru menginjakkan kaki mereka dalam ranah menulis code.

Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan dalam OS Windows. Bagi Sobat Filemagz yang menggunakan platform lain seperti Mac, tenang saja, karena kami masih memiliki banyak rekomendasi editor lainnya untuk kamu.

Sublime Text

https://www.sublimetext.com/

Sublime Text merupakan aplikasi yang ditulis dalam C/C++ dan Python yang dirilis pada tahun 2008. Bahasa pemrograman yang dapat dibaca dan dijalankan dalam aplikasi ini adalah bahasa C, C++, dan Python. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu, yaitu terdapat fitur text highlight yang dapat memudahkan kamu melakukan debugging. Selain itu juga, terdapat fitur rekomendasi syntax yang akurat sehingga kamu tidak perlu repot mengetik dan menghafalkan syntax yang panjang. 

Dengan adanya fitur fitur tersebut kecepatan dan efisiensi dalam menulis code juga dapat meningkat. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan dalam software lain seperti Mac dan Linux, lho! Sayangnya aplikasi ini masih belum memiliki fitur auto-save. Walaupun begitu, kamu tentunya dapat dengan mudah melakukan aksi tersebut dengan shortcut Ctrl+S di keyboard. Secara keseluruhan, aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat program dalam bahasa C maupun Python.

Brackets

http://brackets.io/

Brackets adalah code editor yang lebih fokus di ranah web development khususnya dalam mengedit bahasa HTML, CSS, dan JavaScript. Aplikasi Brackets didirikan oleh Adobe Systems, yang mendukung file dan konten Adobe PSD. Dengan adanya fitur Live Preview, Sobat Filemagz dapat melihat perubahan website secara langsung ketika ada perubahan pada code. Sebagai tambahan, brackets juga memiliki fitur split screen yang memungkinkan kamu untuk mengerjakan CSS dan code website secara bersamaan. Dalam Brackets, terdapat banyak library yang bisa mendukung dan meningkatkan efektivitas kamu dalam membuat website. Seperti adanya Prefixer yang dapat menganalisa code dan melakukan auto prefix di CSS selector. Dengan fitur-fitur tersebut, kamu dapat  mengimplementasikan code kamu dengan mudah.

Jika Sobat Filemagz sedang mencari code editor untuk mengedit dan membuat website, maka Brackets merupakan aplikasi yang cocok untuk kamu coba. Terlebih lagi, Brackets juga tersedia di seluruh platform yang ada seperti macOS, Windows dan Linux.

Atom

https://atom.io/

Salah satu code editor yang telah dipakai oleh jutaan developer di seluruh dunia adalah Atom. Dengan interface-nya yang simpel dan mudah untuk digunakan, aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan developer di dunia. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang didukung oleh Atom. Bahasa pemrograman yang didukung adalah C, Python, HTML, Javascript, dan PHP. Pada aplikasi Atom, kamu juga dapat mengunduh plugin yang dapat membantu kamu dalam menulis code program kamu. Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah pengguna dapat melakukan submit package langsung dari aplikasi ini. Selain fitur tersebut, masih ada banyak fitur lainnya yang berguna seperti Find and Replace Tool, Cross-platform Editing, Smart Autocompletion, dan lain sebagainya. Jika kamu tipe orang yang suka mengkostumisasi workspace kamu, ada banyak tema dan package yang kamu dapat gunakan untuk memperindah workspace kamu di Atom.

Atom dapat diunduh di berbagai platform juga seperti Mac, Windows, dan Linux. Jika kamu adalah pengguna Mac OSX, ini merupakan waktu yang tepat untuk mencoba aplikasi ini.

Visual Studio Code

https://code.visualstudio.com/

Berasal dari salah satu perusahaan teknologi terbesar yaitu Microsoft. Menurut pyblog.in, Visual Studio Code atau yang sering disebut VSCode adalah text editor yang sangat populer dan paling sering dipakai oleh developer, jumlah penggunanya bahkan sudah menembus 50 juta pengguna. Di sini terdapat lebih dari 20.000 extension yang bisa kamu unduh. Tidak hanya itu, di VSCode kamu juga bisa mengintegrasikan Azure DevOps, dimana pengguna dapat berkolaborasi dengan pengguna lain untuk mengerjakan atau membuat projek software mereka. Di sini kamu dapat mengunduh plugin khusus tergantung dengan bahasa yang sedang digunakan. Dengan begitu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat kuat untuk mengebangkan suatu website, servis web ataupun aplikasi mobile. Bedanya dengan code editor yang lain, di VSCode kamu memiliki integrated terminal tersendiri. Pada VSCode Sobat Filemagz dapat mengkostumisasi workspace dan tampilan aplikasi sesuai dengan preferensi kamu. Akan tetapi, hal inilah yang membuat VSCode kurang friendly bagi pemula adalah pengaturannya yang tergolong ribet dan memakan banyak waktu.

Walaupun begitu, dukungan dari komunitas tool ini sangat luar biasa dengan banyaknya plugin dan extension yang tersedia secara gratis di marketplace untuk meningkatkan performa dan pengalamanmu saat menggunakan VSCode. Selain itu, Microsoft juga tiada henti selalu memperbarui software VSCode agar tetap up to date. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis baik di Linux, Windows, serta macOSX. Dengan kemampuan bisa menjalankan hampir semua bahasa, VSCode merupakan aplikasi yang cocok dan sempurna untuk para full-stack developer.

Jadi, itulah beberapa aplikasi pemrograman atau code editor rekomendasi Filemagz. Kami berharap dengan adanya rekomendasi tersebut, kamu dapat menemukan aplikasi yang cocok untuk mulai menulis code program. Jika kamu punya rekomendasi aplikasi atau code editor lainnya, yuk, berbagi di kolom komentar! Jangan lupa juga untuk follow akun Instagram Filemagz dan Filetechno ya!

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!

Drop here!
Filemagz Team BNCC