TV Analog akan Disuntik Mati oleh Pemerintah, Apa yang harus Dilakukan?

Halo Smart Viewers! Udah pada tau belum sih, nanti bulan April 2022, TV Analog bakal dimatikan di seluruh Indonesia lho. TV Analog yang ada di Indonesia semua akan diubah menjadi TV Digital. Nah apa sih itu TV Digital?

TV Digital adalah jenis TV yang menggunakan sinyal berupa bit – bit data. TV Digital ini berbeda dengan TV Analog, dikarenakan TV Analog menggunakan sinyal analog. Keuntungan menggunakan sinyal yang berupa bit ini, menyebabkan TV Digital bisa mengeluarkan hasil gambar High Definition. Selain itu, TV Digital juga mendukung penyiaran dalam ratio 16:9, sehingga bisa menampilkan gambar yang lebih baik.

Pematian TV Analog ini akan dilakukan secara tiga tahap, di mana tahap pertama akan dilaksanakan paling lambat 30 April 2022. Hal ini dilakukan sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja, di mana penyiaran diwajibkan untuk beralih ke sistem digital. Pematian TV Analog ini juga baik bagi masyarakat Indonesia, dikarenakan masyarakat Indonesia bisa menikmati penyiaran secara lebih baik dan bisa mendapatkan fitur – fitur tambahan.

Nah, untuk Smart Viewers yang sudah memiliki TV yang bisa menerima sinyal digital, sudah tinggal menunggu tanggal perubahan penyiaran. Untuk Smart Viewers yang tidak memiliki TV analog, Smart Viewers bisa membeli set top box yang berkisar 300 ribu, sehingga TV bisa menerima sinyal digital. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan beberapa set top box untuk beberapa masyarakat Indonesia.

Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/18/08020047/siaran-tv-analog-mulai-dimatikan-april-2022-ini-jadwal-lengkapnya

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/24/202908523/apa-perbedaan-tv-analog-dan-digital