3 FILM INDONESIA BERSAING DI AJANG OSCAR

Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan ajang penghargaan Piala Oscar ini selalu diselengarakan setiap tahunnya tujuan dilakukannya Academy Awards ini untuk menghargai karya di dalam industry film. Penghargaan Piala Oscar ini pertama kali diselenggarakan tahun 1929 dan Piala Oscar ini merupakan upacara penghargaan paling tua dalam industry film, jadi Academy Awards ini merupakan upacara penghargaan yang paling bergengsi di dalam industri ini. Film-film di seluruh dunia dapat mengirim filmnya untuk bersaing di Academy Awards ini dan hanya film-film bagus saja yang dapat masuk ke dalam penghargaan tersebut contohnya seperti film yang sangat bergengsi yaitu Titanic, Green Book dan Parasite, tetapi tidak hanya itu saja tenyata film Indonesia juga pernah loh bersaing di penghargaan Piala Oscar ini Smart Viewers, penasaran gak film-film Indonesia apa saja yang pernah dikirim untuk mewakili Indonesia? Langsung aja nih cek dibawah sini!

  • Kucumbu Tubuh Indahku

Film ini rilis pada tahun 2019 dan dikirim untuk mewakili Indonesia pada Oscar ke-92, walaupun sempat banyak kontroversi pada film ini karena menampilkan LGBT tapi mereka dapat memiliki delapan penghargaan pada Festival Film Indonesia pada tahun 2019. Film ini disutradai oleh Garin Nugroho, film ini berkisahkan tentang penari Lengger Lanang dalam tradisi penari Reog.

  • Perempuan Tanah Jahanam

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini menjadi film yang dikirim Indonesia pada Oscar ke-93, film ini menceritakan tentang wanita yang mewarisi sebuah rumah di suatu desa yang ternyata rumah tersebut memiliki kutukan.

  • Surat dari Praha

Surat dari Praha ini merupakan karya dari sutradara Angga Dwimas Sasongko dan berhasil dipilih untuk lanjut ke ajang Academy Awards yang ke-89, film ini ternyata terinspirasi dari kehidupan pelajar Indonesia yang berada di Praha dan tidak dapat Kembali pasca Gerakan 30 September.

Smart Viewers itu semua merupakan film-film yang mewakili Indonesia diajang penghargaan Academy Awards, bagus banget kan film Indonesia dapat bersaing di dalam ajang penghargaan yang sangat bergengsi ini dengan itu kita harus bangga nih sebagai masyarakat Indonesia karena memiliki film-film yang dapat bersaing di kancah internasional.

NAURA KHAMILLA DIRZAN