TIPS MENJADI SEORANG KAMERAMAN DI DUNIA BROADCASTING AUDIO VISUAL

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya, seorang cameramen adalah orang yang bertugas untuk menangkap momen dalam bentuk visual. Di dunia broadcasting audio visual, peran seorang cameramen termasuk krusial karena tanpa adanya seorang cameramen kita tidak dapat mengetahui gambaran yang terjadi dalam suatu acara yang bisa dilihat oleh mata kita.

Nah, berikut sedikit tips yang mungkin bisa diperhatikan bagi kalian yang ingin menjadi seorang cameramen:

  1. Fokus

Seorang cameramen membutuhkan focus yang tinggi dikarenakan cameramen dituntut untuk bisa mendapatkan momen yang tepat agar penonton dirumah dapat merasakan suasana dari suatu adegan atau footage secara maksimal dalam suatu siaran.

  1. Jangan Malas

Bagi kalian yang mageran, cameramen mungkin bukan bidang yang cocok untuk kalian nih! Seorang cameramen lagi-lagi dituntut untuk banyak bergerak atau punya mobilitas yang baik karena tidak jarang seorang cameramen harus berjalan atau berlari mendekati objek serta bergerak kesana dan kemari guna mendapatkan gambar yang baik.

  1. Know your device

Mengetahui kamera dan alat – alat yang digunakan ketika menjadi seorang cameramen adalah sebuah nilai plus. Dengan kalian mengetahui kamera yang kalian gunakan maka akan memudahkan kalian dalam menggunakanya karena tiap kamera mempunyai sifat atau ciri khas yang berbeda-beda.

  1. Peka terhadap sekitar

Kepekaan menjadi salah satu hal yang dasar dimiliki seorang cameramen. Ketika sedang meliput suatu berita atau kejadian di lapangan, cameramen  perlu memastikan dan mengetahui apakah gambar atau liputan yang direkam mengganggu privasi atau kenyamanan lingkungan sekitar. Selain itu peka yang dimaksud dalam hal ini adalah bagaimana seorang cameramen dapat memprediksi kejadian-kejadian yang akan terjadi nanti agar tidak kehilangan momen untuk mengambil gambar.

  1. Ketahui Dasar pengoperasian kamera

Pemahaman dasar seni fotografi seperti pengaturan pencahayaan, angle, frame dan lainya akan sangat membantu seorang cameramen. Kemudian pelajari juga bagaimana pergerakan kamera dan istilah-istilah dalam dunia broadcasting sehingga kalian datang tidak dengan ilmu kosong.

  1. Membuat Skenario awal

Untuk kalian yang baru pertama kali atau jarang memegang kamera, buatlah sketsa atau gambaran awal tentang bagaimana cara kalian mengambil gambar seperti bagaimana anglenya, pergerakan kameranya seperti apa dan lain lain sehingga kalian tidak bingung dan punya panduan ketika sedang siaran.

Itu adalah beberapa tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi di Binus TV club, dengan tips yang telah disebutkan diatas diharapkan kalian mempunyai dasar untuk dapat terjun sebagai cameramen didunia broadcasting audio visual.

Wahyu Pambudi Pramudita