“TIPS MEMPERSIAPKAN UJIAN”

“TIPS MEMPERSIAPKAN UJIAN”

Chinthya Robert

2001565863

“Tips Mempersiapkan Ujian”

Sumber Gambar : Artikel BINUS TV CLUB

  1. Siapkan Suasana yang Kondusif

Ciptakan suasana yang nyaman sebelum memulai belajar, kita bisa belajar sambil memutar alunan lagu yang santay agar mencipatakan mood yan baik, selain itu belajar tidak hanya di kamar namun cobalah menyesuaikan diri di luar ruangan agar tidak terasa penat contohnya belajar di ruang keluarga ataupun di perpustakan. Ciptakan suasana yang dapat membangun mood untuk belajar sehingga belajar semakin maksimal sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga.

  1. Perhatikan jam belajar

Pilihlah waktu yang tepat untuk memulai belajar, seperti pada saat badan kita terasa segar dan jangan mengulur waktu sampai akhirnya kita merasa ngatuk dan malas untuk memulai belajar. Setiap orang memiliki waktu yang berbeda dalam memilih waktu belajar, tapi waktu yang paling tepat sebenarnya adalah di pagi hari, karena saat di pagi hari tubuh kita masih terasa segar dan kita masih memiliki konsentrasi yang baik. Bila kita belajar di waktu yang tepat maka kita dapat menghapalkan dan mengola materi yang kita persiapkan dengan baik dan tepat, jangan membuang waktu dan terus menundahnya karena kita akan kelelahan bila belajar di waktu yang sangat singkat, dan belajar menjadi sia sia karena kita tidak fokus.

  1. Merangkum Materi

Agar tidak sulit untuk memahami materi banyak, maka lebih baik jika kita merangkum terlebih  dahulu sebelum kita benar benar mulai belajr, karena ketika belajar mengunakan catatan yang panjang maka akan membuat kita terasa binggung dan sulit untuk memahami materi. Agar mempermudah ringkasan materi kita bisa membuat main maping ataupun membuat kata kunci yang penting dalam materi tersebut agar kita mudah memahaminya. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang, dan kita cukup menghapalkan kesimpulan dan inti sari dari materi tersebut.

  1. Memahami Setiap Materi

Bukan hanya merangkum dan mengambil inti sari dari materi, namum kita juga harus berusaha untuk memhami materi yang aka nada di soal ujian kita nanti. Kita harus secara perlahan memahaminya  dengan cara mengerti garis besar dari materi tersebut dan kita bisa mencoba menjabarkanya dengan bahasa kita sendiri, maka nanti kita akan lebih muah dalam mengerjakan soal soal ujian tersebut.

  1. Kembangkan Materi

Setelah mengerti dan menghaplanya, cobalah kita mengulang materi tersebut dengan cara melakukan latihan soal soal ataupun tanya jawab dengan teman kita. Karna jika kita berusaha untuk menjawabnya tanpa melihat buku ringkasan kita, maka  akan membantu kita untuk mengigat kembali apa yang telah kita pahami, dengan cara ini kita juga meyakini diri kita sendiri apakah kita sudah benar- benar memahaminya atau belum. Cari juga beberapa referensi dari buku lain dan internet yang berhubungan materi yang sedang kita pelajari sehingga kita bisa medapatkan informasi lebih mengenai materi tersebut dan kita bisa perlahan memahaminya. Sehingga kita juga bisa mengasah kemampuan kita dengan lebih baik lagi dan lebih memahami materi.

    6 . Sediakan Waktu Untuk Istirahat

Gaya belajar setiap orang berbeda ada yang belajar dengan waktu yang panjang terlebih dahulu baru iya bisa memahaminya, namun ada juga yang memerlukan waktu yang lebih panjang agar bisa memahami materi tersebut. Namun jangan lupa untuk berisitirahat jangan sampai kita mengalami steres, dan menjebabkan belajar kita sia-sia. Namun luangkan lah waktu yang cukup untuk istirahat, jika kita sudah belajar melebih 60 menit atau 1 jam maka ada baiknya jika kita istirahat selama 10 menit agar kita tidak terlalu tegang, dan jangan paksa diri bila merasa lelah, ciptakan waktu belajar dan waktu istirahat yang tepat sehinga kita tidak kelelahan saat sedang mengikuti ujian. Jika kita memiliki waktu istirahat yang cukupa maka kita juga akan lebih berkonsentrasi dan bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel Binus Tv Club