PUBLIC SERVICE ANNOUNCEMENT (PSA) 2019

Pubic Service Announcement (PSA) / bisa dibilang Iklan Layanan Masyarakat adalah Pengumuman layanan masyarakat dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan dapat mempersuasi masyarakat untuk bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembuat pengumuman tersebut. Yang memiliki tujuan untuk membawa perubahan prilaku masyarakat. Namun tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan efektif,karna terkadang PSA kurang diterima dengan baik sehingga tidak menyebabkan perubahan prilaku sesuai yang diharapkan.

Menciptakan PSA yang efektif perlu memperhatikan input-output yang dirancang untuk lebih memahami variabel komunikasi (input) dan respon (output). Dalam input, hal yang penting adalah pesan seperti sumber(jenis kelamin, usia, status sosial ekonomi, daya tarik, etnis, kredibilitas), pesan (panjang pesan, gaya penyampaian pesan, kejelasan), saluran (televisi, radio, koran, majalah), penerima (usia, jenis kelamin, pendidikan, gaya hidup) dan perilaku yang menjadi tujuan komunikasi dilakukan.

Visual iklan berupa tokoh, sudut pandang, setting, dan pencahayaan akan menghasilkan citra visual. Citra visual tersebut menciptakan nuansa dan suasana yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai sebuah iklan. Citra visual yang meliputi ceria, gembira, dan optimis atau citra visaul yang meliputi menyeramkan, pesimis, dan kemiskinan dapat dibentuk oleh elemen visual tersebut, sehingga visual iklan akan menciptakan ketertarikan dan persuasi pada penontonnya. Unsur verbal dalam dialog atau monolog membantu pemirsa mengetahui alur cerita dan pesan yang akan dicapai. Hal ini penting karena unsur verbal akan mengelompokan, menuntun serta mengarahkan pemirsa untuk mengetahui isi pesan yang akan disampaikan dalam bentuk sebuah imbauan.

Fungsi PSA diantaranya:

  1. Informing adalah memberi informasi/edukasi kepada masyarakat mengenai program yang berkaitan dengan sosial
  2. Persuading adalah iklan yang dapat menimbulkan peruading atau membujuk masyarakat untuk perubahan prilaku sesuai yang diharapkan
  3. Remiding adalah terus membuat masyarakat ingat dengan PSA

Adding Velue adalah yang bisa memberi nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat

Adi Kurniatama