Be a Professional Citizen Journalism

               Pada dasarnya, semua orang bisa menjadi jurnalis. Mulai dari pedagang sampai dengan ibu rumah tangga bisa menjadi seorang jurnalis. Warga atau  masyarakat biasa yang bukan berprofesi sebagai wartawan yang melakukan kegiatan jurnalistik ini disebut dengan Citizen Jornalism.
           Citizen Journalism sangat erat hubungannya dengan media online. Karena di zaman yang sudah canggih ini, semua berita akan tersebar luas dan cepat melalui media online ini.
            Biasanya, Citizen Journalism ini berada di dekat TKP (Tempat Kejadian Perkara). Dialah orang yang merekam segala kejadian dari awal hingga akhir. Dia juga yang dapat menjadi saksi kunci dalam perkara kasus yang dilihat.
          Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 tips untuk menjadi Professional Citizen Journalism :
1. Selalu membawa kamera
Tidak perlu kamera mahal atau kamera yang berkualitas tinggi, cukup menggunakan kamera ponsel saja, kalian sudah bisa merekam atau mengambil gambar dari kasus atau kejadian yang sedang terjadi pada saat itu. Yang terpenting adalah posisi dimana anda mengambil gambar dari kejadian tersebut.
2. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
Seorang jurnalis, harus memiliki tingkat rasa ingin tahu yang tinggi. Seorang jurnalis harus berusaha untuk menggali semua berita atau informasi yang terkait dengan kasus atau peristiwa yang sedang terjadi secara lengkap dan yang pastinya sesuai fakta.
 3. Mampu merangkai berita
Karena informasi yang diberikan atau didapat pasti berbentuk kepingan-kepingan puzzle berita, maka seorang citizen journalism harus mampu untuk merangkai semua informasi berita tersebut menjadi suatu rangkaian berita utuh yang mengandung unsur 5W + 1H.
 4. Be aware
Seorang yang memiliki jiwa seorang jurnalis harus memiliki rasa peka terhadap lingkungan sekitar. Harus peka dengan keberadaan peristiwa yang bisa menjadi berita penting dan hangat untuk dinikmati masyarakat luas.
 5. Mengetahui dan memahami kode etik
Walaupun hanya disebut sebagai Citizen Journalism, tetapi tetap saja orang itu harus memahami betul tentang kode etik seorang jurnalis. Karena berita tetap berita dan apa yang sudah disebar luaskan akan menjadi perbincangan masyarakat luas.
 Nah itu dia sedikit penjelasan dan tips agar bisa menjadi seorang Citizen Jornalism yang professional. Ada yang mau coba untuk jadi Citizen Journalism? Ayo, semua orang bisa jadi jurnalis!
Clarissa Septiani