BIC

DWP (Discussion Week Program) 2024: How To Start An Export Business From Scratch

Discussion Week Program (DWP) yang merupakan salah satu acara tahunan BINUS Business International Club (BIC) kembali diadakan pada tanggal 5 April 2024 secara on-site. Dengan mengusung topik How To Start An Export Business From Scratch, BIC berkolaborasi dengan Komisaris sekaligus Founder Eksportir Muda, Chintya Vieny Susanto serta Founder sekaligus CEO PT. Persatuone Komoditas Indonesia, Nicholas Dennis Kurnia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang peluang ekspor di Indonesia, persiapan, hingga tips dan trik menjalankan bisnis ekspor. Dalam diskusi ini, kedua pembicara mengupas tuntas cara memulai bisnis ekspor dari nol dan memotivasi para peserta bahwa semua orang bisa bisnis ekspor sejak dini.

Nicholas Dennis Kurnia, seorang Founder dan CEO muda yang memulai bisnis ekspornya semasa kuliah di tengah pandemi covid-19 telah berhasil membangun perusahaan ekspornya sendiri dan mengedukasi para eksportir baru melalui program kelas yang beliau miliki. Dalam sesi penyampaian materi, beliau berbagi pengalaman tentang awal mula dirinya menjadi eksportir dari nol hingga sukses, persiapan bisnis dan strategi sukses ekspor,  serta tentang pentingnya diferensiasi dalam bisnis ekspor.

Dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Chintya Vieny Susanto. Wanita kelahiran 2004 ini telah menjadi seorang Komisaris dan Founder komunitas Eksportir Muda di usianya yang muda. Beliau memperkenalkan sekaligus mengupas tuntas bisnis ekspor secara rinci mulai dari elemen penting ekspor, modal ekspor bagi siswa, persiapan dokumen, dan sumber pemasok bisnis ekspor.

Kedua pembicara tersebut mampu merepresentasikan diri sebagai eksportir muda untuk memotivasi anak muda dalam membangun bisnis ekspor. Selama sesi tanya-jawab, peserta aktif bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai isu terkait, mulai dari strategi bisnis ekspor dalam kondisi tertentu, regulasi ekspor produk ke luar negeri, inovasi produk, hingga strategi menentukan negara tujuan ekspor. Diskusi ini berlangsung secara interaktif serta memberikan kesan yang baik bagi para peserta.

Sobat BIC, jangan sampai ketinggalan acara DWP selanjutnya ya! Topik seru dan ilmu yang bermanfaat menunggu kamu di DWP tahun depan.